PENGARUH PEMBERIAN TUGAS DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN KELAS V SD NEGERI NO.117840 SELAT CINA DESA SELAT BESAR KECAMATAN BILAH HILIR KABUPATEN LABUHAN BATU

Marulam, Simare-mare (2011) PENGARUH PEMBERIAN TUGAS DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN KELAS V SD NEGERI NO.117840 SELAT CINA DESA SELAT BESAR KECAMATAN BILAH HILIR KABUPATEN LABUHAN BATU. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1-081188830017 Pengantar.pdf]
Preview
Text
1-081188830017 Pengantar.pdf - Published Version

Download (489kB) | Preview
[thumbnail of 2-081188830017 Abstrak.pdf]
Preview
Text
2-081188830017 Abstrak.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of 3-081188830017 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
3-081188830017 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (475kB) | Preview
[thumbnail of 4-081188830017 Bab I.pdf]
Preview
Text
4-081188830017 Bab I.pdf - Published Version

Download (871kB) | Preview
[thumbnail of 5-081188830017 Bab V.pdf]
Preview
Text
5-081188830017 Bab V.pdf - Published Version

Download (452kB) | Preview
[thumbnail of 6-081188830017 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
6-081188830017 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan prestasi belajarsiswa dengan pemberian tugas dan gaya belajar, (2) mengetahui perbedaanprestasi belajar PPKn antara siswa yang mempunyai Gaya belajar visual danauditorial, (3) Mengetahui apakah ada interaksi antara pemberian tugas dan gayabelajar terhadap hasil belajar PPKn kelas V SDN 117840 Selat Cina. Populasipenelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN 117840 Selat Cina, sedangkanteknik penarikan sample dengan cluster random, sampel diambil sebanyak 2 kelassecara undian. Metode penelitian adalah eksperimen dengan rancangan factorial2x2. Gaya belajar siswa diukur dengan tes gaya belajar. Sedangkan prestasibelajar PPKn diukur dengan menggunakan item tes.: Hasil penelitian menunjukkan (1) ada perbedaan prestasi belajar PPKnantara siswa dengan pemberian tugas individu dengan kelompok di peroleh F h45,62 > F, (a = 0,05) = 3,91 (2) Siswa yang memiliki gaya belajar visual F h =135,22 > F1(a = 0,05) = 3,74 (3) terdapat interaksi yang signifikan antarapemberian tugas dan gaya belajar siswa dalam mempengaruhi prestasi belajarPPKn siswa ditunjukkan F h = 43,07 > F 1(a = 0,05) = 3,91 Hasil penelitian inimenyimpulkan pembelajaran PPKn untuk kelas V SDN 117840 Selat Cina,Pemberian tugas kelompok akan memberikan prestasi belajar PPKn yang lebihbaik bila dibandingkan dengan pemberian tugas individu.Implikasi penelitian ini adalah pendekatan pembelajaran yang tepat sesuaidengan gaya belajar yang dimiliki siswa. Tidak akan maksimal prestasi belajarPPKn yang dicapai siswa, jika dalam mengajar guru menganggap siswa itumemiliki karakteristik yang sama.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.3 Sim p
Uncontrolled Keywords: Pancasila; Kewargenaraan; Hasil Belajar: Gaya Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 21 Apr 2016 02:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3238

Actions (login required)

View Item
View Item