PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW MENGGUNAKAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA NEGERI 1 SEI BINGAI LANGKAT

Jesaya (2011) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW MENGGUNAKAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA NEGERI 1 SEI BINGAI LANGKAT. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1-081188910024 Pengantar.pdf]
Preview
Text
1-081188910024 Pengantar.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 2-081188910024 Abstrak.pdf]
Preview
Text
2-081188910024 Abstrak.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of 3-081188910024 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
3-081188910024 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of 4-081188910024 Bab I.pdf]
Preview
Text
4-081188910024 Bab I.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of 5-081188910024 Bab V.pdf]
Preview
Text
5-081188910024 Bab V.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 6-081188910024 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
6-081188910024 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) Pengaruh pembelajaran denganPeta Konsep terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Materi Pokok Bakteridi SMA Negeri 1 Sei Bingai Langkat; (2) Pengaruh model pembelajarankooperatif Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Materi PokokBakteri di SMA Negeri 1 Sei Bingai Langkat, (3) Pengaruh model pembelajarankooperatif Jigsaw yang dikombinasikan dengan Peta Konsep terhadap hasilbelajar siswa pada pembelajaran Materi Pokok Bakteri di SMA Negeri 1 SeiBingai Langkat, Metode penelitian adalah metode kuasi eksperimen dengansampel sebanyak 4 kelas yang ditentukan secara random sampling (sampel acak)yaitu kelas perincian kelas Xi dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatifJigsaw dengan Peta Konsep, kelas X2 diajarkan dengan model pembelajarankooperatif Jigsaw saja, dan kelas X3 dibelajarkan dengan Peta Konsep saja,sedangkan kelas X.4 sebagai kelas kontrol dibelajarkan dengan modelKovensional.Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar. Tes hasil belajarberjumlah 25 soal dalam bentuk pilihan ganda yang telah diuji validitas,reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran.Tehnik analisis yang digunakantehnik Analisis varians (Anava) dengan bantuan program SPSS SPSS 17.0 (SPSSInc.), Hasil penelitian dan pengujian menunjukkan: (1) Tidak terdapat pengaruhteknik pembelajaran teknik peta konsep terhadap hasil belajar siswa padapembelajaran Materi Pokok Bakteri di SMA Negeri 1 Sei Bingai Langkat; (2)Terdapat pengarub model pembelajaran kooperatif Jigsaw terhadap hasil belajarsiswa (F 13,74 dengan sigifikan 0.00) pada pembelajaran Materi Pokok Bakteri diSMA Negeri 1 Sei Bingai Langkat; (3) Terdapat pengaruh model pembelajarankooperatif Jigsaw yang dikombinasikan dengan menggunakan teknik Peta Konsepterhadap hasil belajar siswa (F = 13,74 dengan signifikansi 0,000) padapembelajaran Materi Pokok Bakteri di SMA Negeri I Sei Bingai Langkat

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 574.071 Jes p
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Kooperatif; Peta Konsep
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 15 Apr 2016 03:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3202

Actions (login required)

View Item
View Item