PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI CONSTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN STRATEGI EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK SWASTA PENCAWAN T.P 2018/2019

AMHAR, MUHAMMAD ASRO (2019) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI CONSTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN STRATEGI EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK SWASTA PENCAWAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 7143141059 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7143141059 COVER.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7143141059 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7143141059 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (465kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7143141059 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7143141059 PREFACE.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7143141059 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7143141059 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7143141059 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7143141059 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7143141059 TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7143141059 TABLE.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7143141059 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7143141059 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7143141059 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7143141059 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7143141059 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7143141059 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (394kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7143141059 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7143141059 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7143141059 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7143141059 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kewirausahaan siswa kelas XII AP di SMK Swasta Pencawan Medan. Rendahnya hasil belajar tersebut dikrenakan tidak adanya strategi belajar yang digunakan oleh guru yang membuat kurangnya minat belajar siswa sehingga berdampak pada hasil belajar siswa kelas XII AP di SMK Swasta Pencawan T.P 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar kewirausahaan siswa yang diajarkan menggunakan strategi CTL dengan strategi Ekspositori pada siswa kelas XII AP di SMK Swasta Pencawan Medan T.P 2018/2019. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII AP di SMK Swasta Pencawan T.P 2018/2019 yang berjumlah 60 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik total sampling yaitu seluruh populasi menjadi sampel yang berjmlah 60 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes hasil belajar kewirausahaan. Tes tersebut dilakukan sebelum dan sesudah perlakuan. Berdasarkan hasil perhitungan untuk pengujian hipotesis dari hasil post-test yang dilakukan diperoleh thitung = 4,515 pada taraf tingkat kepercayaan 95% dan taraf nyata α = 0,05 dengan dk = (n1 + n2 ) – 2 = 58 diperoleh t(0,95)(58) sebesar 1,661 dengan perhitungan interpolasi linear. Maka dapat disimpulkan thitung > ttabel yaitu 4,515 > 1,661. Hal ini berarti hipotesis diterima, maka terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar kewirausahaan dengan menggunakan strategi pembelajaran kontekstual dan ekpositori di kelas XII AP SMK Swasta Pencawan T.P 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 ADP 025
Keywords: Strategi CTL; srategi ekspositori; hasil belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty.
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 18 Feb 2019 09:53
Last Modified: 02 Jun 2021 21:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31739

Actions (login required)

View Item
View Item