PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA JEPANG TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA JEPANG

Damayanti, Lisbet (2018) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA JEPANG TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA JEPANG. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8156122018 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8156122018 COVER.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8156122018 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8156122018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8156122018 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8156122018 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8156122018 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8156122018 PREFACE.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8156122018 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8156122018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8156122018 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8156122018 TABLES.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8156122018 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8156122018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8156122018 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8156122018 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8156122018 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8156122018 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (614kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8156122018 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8156122018 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8156122018 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8156122018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (417kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar bahasa
Jepang siswa dengan strategi pembelajaran Kontekstual atau Contextual Teaching
Learning (CTL) dan strategi pembelajaran Ekspositori (2) perbedaan hasil belajar
bahasa Jepang siswa yang memiliki motivasi lebih tinggi dengan siswa yang
memiliki motivasi rendah (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi
belajar bahasa Jepang siswa terhadap hasil belajar bahasa Jepang siswa. Jenis
penelitian ini adalah eksperimen semu dengan design faktorial 2x2. Populasi
penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA N 1 Medan yang berjumlah 79
orang pada semester genap tahun 2017/2018. Instrumen pengumpulan data yang
digunakan yaitu tes hasil belajar bahasa Jepang pilihan berganda dan instrument
angket The Attitude/Motivation Test Battery (AMTB) oleh Gardner untuk
mengukur motivasi belajar bahasa Jepang siswa. Dari data yang diperoleh setelah
dilakukan penelitian, hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan
hasil belajar bahasa Jepang siswa yang diajar dengan strategi CTL dan
pembelajaran Ekspositori, dimana Fhitung (4,32) > Ftabel (4,1). Hasil penelitian
menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan strategi CTL
lebih tinggi dari strategi ekspositori; (2) terdapat perbedaan hasil belajar bahasa
Jepang siswa yang memiliki motivasi belajar bahasa Jepang tinggi dengan
motivasi belajar bahasa Jepang rendah, dimana Fhitung (78,13) > Ftabel (4,1); (3)
terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan motivasi belajar bahasa
Jepang terhadap hasil belajar bahasa Jepang siswa kelas XI SMA N 1 Medan,
dimana Fhitung (4,8) > Ftabel (4,1). Kegiatan pembelajaran CTL mendorong siswa
untuk mengkonstruk pengetahuan yang didapatnya, mengkonfirmasi dengan
kehidupan sehari-hari dan dapat memodelkan pengetahuan yang telah diterimanya,
sehingga mendorong siswa untuk lebih aktif, kreatif dan kritis. Siswa dengan
motivasi belajar lebih tinggi,memiliki pandangan positif terhadap pembelajaran
bahasa Jepang, sehingga hasil belajarnya juga lebih tinggi dari pada siswa dengan
motivasi belajar lebih rendah

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 370.15 Dam p
Uncontrolled Keywords: CTL, Ekspositori, Motivasi Belajar Bahasa Jepang Tinggi, Motivasi Belajar Bahasa Jepang Rendah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
P Language and Literature > PH Finno-Ugrian, Basque languages and literatures
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 15 Nov 2018 05:06
Last Modified: 15 Nov 2018 05:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31266

Actions (login required)

View Item
View Item