PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP

Simajuntak, Justini (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 NIM. 8156122039 COVER.pdf]
Preview
Text
1 NIM. 8156122039 COVER.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 2 NIM. 8156122039 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2 NIM. 8156122039 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (463kB) | Preview
[thumbnail of 3 NIM. 8156122039 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3 NIM. 8156122039 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 4 NIM. 8156122039 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4 NIM. 8156122039 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 5 NIM. 8156122039 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5 NIM. 8156122039 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 6 NIM. 8156122039 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6 NIM. 8156122039 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 7 NIM. 8156122039 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7 NIM. 8156122039 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 8 NIM. 8156122039 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8 NIM. 8156122039 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 9 NIM. 8156122039 BAB I.pdf]
Preview
Text
9 NIM. 8156122039 BAB I.pdf - Published Version

Download (549kB) | Preview
[thumbnail of 13 NIM. 8156122039 BAB V.pdf]
Preview
Text
13 NIM. 8156122039 BAB V.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of 14 NIM. 8156122039 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14 NIM. 8156122039 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (327kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif dan kemampuan berpikir logis terhadap hasil belajar matematika siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi penelitian 144
siswa kelas VIII SMP Swasta Katolik Trisakti Medan TP 2017/2018. Sebanyak 72
siswa dari dua kelas yang dipilih dengan cluster random sampling dibagi dalam 2
kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Jigsaw dan
STAD. Metode penelitian menggunakan quasi eksperimen dalam rancangan
faktorial 2 x 2. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANAVA dua jalur
pada taraf signifikan = 0,05. Setelah normalitas dan homogenitas data diuji,
dilanjutkan dengan uji lanjut Scheffe.
Hasil pengujian hipotesis diperoleh (1) terdapat perbedaan nilai rata-rata
matematika antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran
kooperatif Jigsaw (74,17) dengan siswa yang dibelajarkan dengan model
pembelajaran kooperatif STAD (67,39) dengan Fhitung (6,56) > Ftabel (4,00), (2)
terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa yang memiliki
kemampuan berpikir logis tinggi (78,63) lebih tinggi dari nilai rata-rata hasil
belajar matematika siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis rendah (65,17)
dengan Fhitung (29,14) > Ftabel (4,00), (3) terdapat interaksi antara model
pembelajaran dan kemampuan berpikir logis terhadap hasil belajar matematika
siswa dengan dengan Fhitung (6,56) > Ftabel (4,00).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.7 Sim p
Keywords: model pembelajaran kooperatif, kemampuan berpikir logis, hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Jul 2018 02:51
Last Modified: 25 Jul 2018 02:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30762

Actions (login required)

View Item
View Item