PENERAPAN MODEL PEMBELAJ ARAN EXPLICIT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJ AR AUTOCAD PADA MATA PELAJ ARAN GAMBAR KONSTRUKSI BANGUNAN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 STABAT

Irawan, Hari and Sitanggang, Nathanael (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJ ARAN EXPLICIT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJ AR AUTOCAD PADA MATA PELAJ ARAN GAMBAR KONSTRUKSI BANGUNAN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 STABAT. Jurnal Education Building, 1 (1). pp. 63-69. ISSN 2477-4898

[img] Text
Jurnal PTB 2015.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan khususnya AutoCAD dengan standart kompetensi menerapkan dasar-dasar gambar konstruksi bangunan pada kompetensi dasar menggambar kolom dan balok melalui penerapan model pembelajaran Explicit Instruction di kelas XI SMK Negeri 1 Stabat. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian tindakan kelas (PTK ). Prosedur penelitian dikemas dalam bentuk siklus 1 pembelajaran menggambar Kolom dan pada siklus II pembelajaran menggambar Balok. Subjek penelitia ini peserta didik kelas XI Program keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Stabat yang berjumlah 27 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi , sedangkan teknik analisis data hasil belajar peserta didik diperoleh dengan menganalisa tingkat ketuntasan peserta didik. Adapun hasil dari penelitian ini, dengan menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction diperoleh peningkatan hasil belajar peserta didik yaitu dari 24 peserta didik (88,8%) yang lulus pada siklus I menjadi 27 peserta didik (100% ) yang lulus pada siklus II. Sedangkan berdasarkan pengamatan aktivitas peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction dapat menuntun peserta didik lebih aktif dalam belajar dan menambah tanggung jawab dan kemandirian dalam diri peserta didik. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction dikelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan pada mata pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan dengan standart kompetensi dasar-dasar gambar konstruksi bangunan dan kompetensi dasar menggambar kolom dan balok pada SMK Negeri 1 Stabat Tahun Ajaran 2014-2015 membuktikan peningkatan hasil belajar peserta didik yang siqnifikan

Item Type: Article
Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran, AutoCAD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 03 Jul 2018 09:29
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30700

Actions (login required)

View Item View Item