PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 7 MEDAN

Barus, Sanggup (2010) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 7 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1500071188210014 abstrak.pdf]
Preview
Text
1500071188210014 abstrak.pdf - Published Version

Download (677kB) | Preview
[thumbnail of 1500071188210014 kata pengantar.pdf]
Preview
Text
1500071188210014 kata pengantar.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1500071188210014 bab I.pdf]
Preview
Text
1500071188210014 bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1500071188210014 bab V.pdf]
Preview
Text
1500071188210014 bab V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berrujuan untuk mengetalmi pengarub : (1) strategi pembelajaran, yaitu strategi pembelajaran PQ4R dan strategi pembelajaran mengulang, (2) kemampuan berpikir kreatif, yaitu kemampuan berpikir kreatif tinggi dan kemampuan berpikir kreatif rendah, dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 7 Jalan Timor No. 36 Medan. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu dengan desalt. faktorial 2x2 dan sampel berjumlah 70 orang yang pengambilannya dilakukan dengan cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data kemampuan membaca pemahaman siswa adalah instrumen tes kemampuan membaca pemahaman dengan reliabilitasnya = 0,86 dan untuk menjaring data kemampuan berpikir kreatif siswa, digunakan instrumen tes kemampuan berpikir kreatif verbal dengan reliabilitasnya = 0,840. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik anava faktorial dui jalur dan uji lanjut dilakukan dengan uji Scheffe.Temuan penelitian ini adalah (1) kemampuan membaca pemahaman siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran PQ4R (x = 22,51) lebib tinggi daripada kemampuan membaca pemahaman siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran mengulang (i- = 20,91) dan hal ini ditunjukkan oleh Fhitung > Fes, (5,69 > 3,988); (2) kemampuan membaca pemahaman siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi (x = 24,03) lebih tinggi daripada kemampuan membaca pemahaman siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah(Yr = 19,12) dan hal ini ditunjukkan oleh > Ftabei (6,52 > 3,988); dan (3)terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa dan hal ini ditunjukkan oleh > Ft.bei (6,52 > 3,988).Ujji lanjut dengan menggunakan uji Scheffe menunjukkan bahwa (1) kemampuan membaca pemahaman siswa kelompok kemampuan berpikir kreatif tinggi yang diajar dengan strategi pembelajaran mengulang sama dengan kemampuan membaca pemahaman siswa kelompok kemampuan berpikir kreatif tinggi yang diajar dengan strategi pembelajaran PQ4R (Fhitung = 0,09 < Fkkaxt =- 2,748), (2) kemampuan membaca pemahaman siswa kelompok kemampuan berpikir kreatif rendah yang diajar dengan strategi pembelajaran PQ4R lebih tinggi daripada kemampuan membaca pemahaman siswa kelompok kemampuan berpikir kreatif rendah yang diajar dengan strategi pembelajaran mengulang (Fmakag = 12,11 > F = 2,748), (3) kemampuan membaca pemahaman siswa kelompok kemampuan berpikir kreatif tinggi yang diajar dengan strategi pembelajaran PQ4R lebih tinggi daripada kemampuan membaca pemahaman siswa kelompok kemampuan berpikir kreatif rendah yang diajar dengan strategi pembelajaran PQ4R (Ftatung = 9,96 > F = 2,748), (4) kemampuan membaca pemahaman siswa kelompok kemampuan berpikir kreatif tinggi yang diajar dengan strategi pembelajaran mengulang lebih tinggi daripada kemampuan membaca pemahaman siswa kelompok kemampuan berpikir kreatif rendah yang diajar dengan strategi pembelajaran mengulang (Fhit,,,,8 = 49,88 > Fri = 2,748), (5) kemampuan membaca pemahaman siswa kelompok kemampuan berpikir kreatif tinggi yang diajar dengan strategi pembelajaran PQ4R lebib tinggi daripada kemampuan rnembaca pemahaman siswa kelompok kemampuan berpikir kreatif rendah yang diajar dengan strategi pembelajaran mengulang (Fhitung 46,84 > Fiabei = 2,748), clan (6) kemampuan membaca pemahaman siswa kelompok kemampuan berpikir kreatif tinggi yang diajar dengan strategi pembelajaran mengulang lebih tinggi daripada kemampuan membaca pemahaman siswa kelompok kemampuan berpikir kreatif rendah yang diajar dengan strategi pembelajaran PQ4R (Fhj = 11,64 > Fi1 = 2,748).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 373.238 Bar p
Keywords: Siswa;Pembelajaran;Membaca;Bahasa;Senior High Schools;Kreatif;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 10 May 2016 20:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3058

Actions (login required)

View Item
View Item