INOVASI PENUNTUN DAN KIT PRAKTIKUM KIMIA SMA KELAS XI SEMESTER II TERINTEGRASI MODEL INKUIRI TERBIMBING MERUJUK KURIKULUM 2013

Akmalia, Nur (2018) INOVASI PENUNTUN DAN KIT PRAKTIKUM KIMIA SMA KELAS XI SEMESTER II TERINTEGRASI MODEL INKUIRI TERBIMBING MERUJUK KURIKULUM 2013. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8166141012 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8166141012 COVER.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8166141012 APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8166141012 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (645kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8166141012 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8166141012 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8166141012 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8166141012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8166141012 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8166141012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8166141012 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8166141012 TABLES.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8166141012 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8166141012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8166141012 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8166141012 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8166141012 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8166141012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8166141012 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8166141012 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8166141012 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8166141012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (435kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui penuntun praktikum yang
digunakan di sekolah sesuai atau tidak menurut kriteria kelayakan yang ditetapkan
oleh BSNP; 2) mendapatkan penuntun praktikum kimia untuk kelas XI SMA/MA
Semester II terintegrasi model inkuiri terbimbing dan dilengkapi dengan kit yang
valid sesuai kriteria BSNP; 3) mendapatkan kit praktikum kimia yang valid sesuai
standar yang ditetapkan oleh BSNP; 4) mengetahui tingkat keterlaksanaan
penuntun dan kit praktikum yang dikembangkan; 5) mengetahui efektivitas
penuntun dan kit praktikum kimia terhadap hasil belajar siswa; dan 6) mengetahui
respon siswa terhadap penuntun dan kit praktikum yang dikembangkan. Sampel
dalam penelitian ini adalah 2 penuntun praktikum kimia dengan penerbit berbeda
kelas XI SMA/MA semester II, penuntun praktikum yang telah dikembangkan, 5
orang guru kimia, 3 orang peer review, 2 orang dosen Program Studi Pendidikan
Kimia Pascasarjana Universitas Negeri Medan, dan 22 siswa kelas XI MIA 1
MAS Muta’allimin Aceh Besar. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive
sampling. Penelitian termasuk penelitian pengembangan (research and
development) dengan model ADDIE. Teknik analisis data dalam penelitian ini
adalah deskriptif kuantitatif. Instrumen dalam penelitian ini adalah: 1) lembar uji
kelayakan penuntun dan kit praktikum berdasarkan BSNP; 2) lembar observasi
keterlaksanaan praktikum; 3) tes hasil belajar siswa; 4) lembar observasi sikap
siswa; 5) lembar observasi keterampilan siswa; dan 5) angket respon siswa. Hasil
analisis tingkat kelayakan penuntun praktikum kimia yang digunakan di sekolah
dari 2 penerbit yang berbeda memiliki nilai rata-rata 3,01 dengan kategori layak,
namun ada beberapa komponen dari penuntun yang perlu dilakukan
pengembangan. Penuntun praktikum kimia yang dikembangkan memiliki nilai
rata-rata 3,54 dengan kategori sangat layak. Kit praktikum yang dikembangkan
memiliki nilai rata-rata 3,54 dengan kategori sangat layak. Tingkat keterlaksanaan
penuntun dan kit praktikum yang dikembangkan menunjukkan 76% siswa mampu
melaksanakan praktikum sesuai dengan petunjuk praktikum dan mampu
menggunakan kit praktikum dengan sangat baik. Keefektifan penggunaan
penuntun dan kit praktikum kimia terhadap hasil belajar kognitif, sikap dan
keterampilan menunjukkan rata-rata nilai berturut-turut sebesar 78,41; 79,26;
78,53 artinya rata-rata hasil belajar siswa lebih besar dari nilai KKM yaitu 73.
Respon siswa terhadap penuntun dan kit praktikum yang dikembangkan
menunjukkan respon positif 95 % dengan kategori sangat baik

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 542.1 Akm i
Keywords: penuntun praktikum, kit praktikum, model inkuiri terbimbing, kurikulum
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 31 May 2018 01:33
Last Modified: 08 Mar 2021 08:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30531

Actions (login required)

View Item
View Item