PENATAAN PELAYANAN BIMBINGAN BERMUTU DI SD NEGERI 064979 KECAMATAN MEDAN SUNGGAL

Dewi, Rosmala (2004) PENATAAN PELAYANAN BIMBINGAN BERMUTU DI SD NEGERI 064979 KECAMATAN MEDAN SUNGGAL. Technical Report. BK FIP Unimed, Medan.

[thumbnail of fulltext.pdf]
Preview
Text
fulltext.pdf - Published Version

Download (698kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menata p~layanan bimbingan dan konseling di SD Negeri 064979 Kecamatan Medan Sunggal. Penelitian ini dilaksanakan dengan disain penelitian tindakan kelas, model penelitian yang dipilih model siklus yang dikemuk:akan oleh Kernmis & Taggart.

Penelitian ini menggunakan dua siklus. Pada siklus pertama, ada empat komponen kegiatan yang dilakuk:an rencana, tindakan, pemantau, refleksi dan evaluasi. Tindakan yang dilak:ukan dalam penataan ini ada 4 yaitu (1) pemberdayaan guru agama menjadi pembimbing, (2) peningkatan keterampilan membimbing dalam -kegiatan- pemb€-lajaran, (3j- penyediaan fasilitas pendukung,
(4) melaksanakan managemen berbasis sekolah. Siklus kedua, juga ada empat komponen kegiatan yaitu, rencana, tindakan, pemantauan, refleksi dan evaluasi. Tujuan pelaksanaan siklus II untuk: menyakinkan temuan yang diperoleh pada siklus I .

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan bimbingan bermutu, dapat meningkatkan aktivitas dan sikap belajar siswa SD. Materi pelayanan bimbingan berbasis kompetensi di SD yang dilaksanakan oleh guru agama temyata sangat sesuai untuk praktek pendidikan agama, dan budi pekerti. Pelaksanaan pelayanan bimbingan dalam pembelajaran temyata meningkatkan angka presentase aktivitas siswa. Aktivitas yang dimaksud seperti; aktivitas memperhatikan, mengamati,
mendengar, menulis, bertanya, mengajukan pendapat, berdiskusi, dalam penelitian ini disebut multi kecerdasan. Managemen berbasis sekolah yang diterapkan oleh pengawas dan kepala sekolah temyata dapat menumbuhkan asmosfir pendidikan dalam kehidupan persekolahan melalui peran -peran yang ditampilkan oleh pengawas, kepala sekolah, guru, penjaga sekolah, dan siswa

Himbauan untuk berbuat baik, sopan, horrnat, jujur yang dikurnandangkan di dinding-dinding sekolah tidak hanya berguna untuk siswa tetapi juga berguna untuk guru. Ini dapat dilihat dari perubahan situasi kelas, iklim sekolah, perilaku dan sernangat kerja guru.

Hasil penelitian ini memberi inovasi pembelajaran di dalam dan di luar kelas. Siswa dapat memanfaatkan sebanyak mungkin kesempatan, waktu untuk belajar. Inovasi yang dirnaksud pembaharuan dalam strategi, menggunaan metode bervariasi, menitik beratkan pada tumbuhnnya kompetensi pribadi anak. Seperti : konsep diri positif, percaya diri, keberanian bertanya, sikap positif
dalam belajar

Di sarnping inovasi pembelajaran di dalam kelas, terjadi juga inovasi pembelajaran di luar kelas seperti di kantin, di kantor, dan di halarnan sekolah. Inovasi yang terjadi di luar kelas seperti : bersikap baik, horrnat, jujur, sating membantu, saling menyanyangi. Pembelajaran yang terjadi di dalam kelas dan di luar kelas ketika berrnain memiliki arab yang sama.
Asmosfir pendidikan tumbuh dalam kehidupan persekolahan melalui peran -peran yang ditampilkan oleh pengawas, kepala sekolah, guru, penjaga sekolah, dan siswa. Iklim sekolah sehat di setiap lorong dan dinding sekolah tertulis himbauan berbuat baik, pelaku pendidikan dapat memberi contoh yang baik.

Disarankan ( 1) · SD yang belum memiliki petugas khusus bimbingan, dapat memberdayakan guru agama sebagai pelak:sana program Bimbingan Konseling (BK). (2) Bimbingan Konseling di SD sebaiknya dikoordinir oleh seorang koordinator BK. (3) dewan kornite sekolah bersarna pengawas, dan kepala sekolah memperhitungkan anggaran biaya untuk pelaksanaan program bimbingan setiap
tahunnya. ( 4) selanjutnya perlu difungsikan sis tern kepengawasan di SD

Item Type: Monograph (Technical Report)
Keywords: bimbingan; siswa; SD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 05 May 2018 06:20
Last Modified: 05 May 2018 06:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30312

Actions (login required)

View Item
View Item