EVALUASI PELAKSANAAN SEMINAR PROPOSAL PENELITIAN MAHASISWA JURUSAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN UNIMED TAHUN 2003

Dewi, Rosmala (2003) EVALUASI PELAKSANAAN SEMINAR PROPOSAL PENELITIAN MAHASISWA JURUSAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN UNIMED TAHUN 2003. Project Report. BK FIP Unimed, Medan.

[thumbnail of abstrak.pdf]
Preview
Text
abstrak.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of fulltext.pdf]
Preview
Text
fulltext.pdf - Published Version

Download (417kB) | Preview

Abstract

Mahasiswa setelah selesai seminar proposal kelihatan dalam keadaan bingung, dan tidak
mendapatkan kenyakinan atau kepastian arah penelitiannya. Peneliti merasa tertarik untuk
mengetahui peran pembimbing, penyelaras, dan kesiapan mahasiswa melaksanakan seminar.
Tujuan penelitian ini (1) untuk mengetahui keberhasilan dan kegagalan pelaksanaan seminar, (2)
untuk mendapatkan data tentang presentase proses bimbingan proposal dilaksanakan oleh dosen
pembimbing, (3) untuk mendapatkan data tentang kesiapan mahasiswa melaksanakan seminar
proposal, ( 4) untuk mendapatkan data tentang presentase peran penyelaras pada pelaksanaan
seminar proposal mahasiswa, (5) untuk mengetahui bagian proposal yang perlu diperbaiki secara
urnurn.
Penelitian dilakukan pada mahasiswa N1M 2000 jurusan Psikologi Pendidikan dan
Bimbingan yang melaksanakan seminar pada bulan Maret, April, dan Mei 2004 seluruhnya
berjumlah 16 proposal. Penelitian ini dirancang dalam bentuk survey, analisis data berupa
persentase dan analisis kwalitatif Alat Pengumpul data yang dipergunakan angket, dan catatan
lapangan, dan studi dokumentasi. Angket disusun untuk mengetahui pendapat mahasiswa tentang
peran dosen pernbimbing dan dosen penyelaras pada seminar proposal mahasiswa. Catatan
lapangan digunakan untuk mencatat hasil pengamatan selama pelaksanaan seminar. Studi
dokumentasi digunakan untuk mengetahui judul proposal, nama pembimbing, nama penyelaras
peserta seminar yang hadir setiap saat.
Temuan penelitian (1) Pembimbing Skripsi (PS) menurut mahasiswa sudah melaksanakan
tugas berkisar 70%-100% sedangkan (2) Penyelaras berperan rata-rata 70%-100%. Kesiapan
Mahasiswa belum mendukung untuk melaksanakan seminar. Seperti (1) Proposal Mahasiswa
dilihat dari format sebagian besar memenuhi, namun isi proposal masih perlu bimbingan yang
intensif pada bagian - bagian penting seperti ; Definisi, variable, indikator, jenis data, instrumen,
rumus statistik yang digunakan

Item Type: Monograph (Project Report)
Keywords: mahasiswa; bimbingan; dosen; profesionalisme
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 05 May 2018 05:44
Last Modified: 05 May 2018 06:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30308

Actions (login required)

View Item
View Item