UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING BOLA BASKET MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN SISWA KELAS VIII SMP SWASTA ERIA MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018

Siregar, Zulfikar (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING BOLA BASKET MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN SISWA KELAS VIII SMP SWASTA ERIA MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 6131111083 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 6131111083 COVER.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 6131111083 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 6131111083 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (410kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 6131111083 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 6131111083 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 6131111083 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 6131111083 PREFACE.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 6131111083 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 6131111083 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 6131111083 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 6131111083 TABLES.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 6131111083 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 6131111083 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 6131111083 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 6131111083 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 6131111083 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 6131111083 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 6131111083 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 6131111083 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 6131111083 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 6131111083 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar menggiring bola (dribbling) dalam permainan bola basket melalui variasi pembelajaran pada siswa kelas VIII -1 SMP Swasta Eria Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 orang siswa yang terdiri dari 16 siswa putra dan 14 siswa putri, yang diberi tindakan berupa pembelajaran terhadap hasil belajar menggiring bola (dribbling) bola basket melalui variasi pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research).
Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar menggiring(dribbling) diakhir setiap siklus. Analisis data dimulai dengan paparan data secara deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan : (1) tes hasil belajar siklus I diperoleh sebanyak 16 orang siswa dengan nilai setelah dikonversikan (53,33%) telah mencapai tingkat ketuntasan hasil belajar, sedangkan 14 siswa (46,66%) belum mencapai ketuntasan hasil belajar. Dengan nilai rata – rata 70.80. (2) dari tes belajar siklus II diperoleh data sebanyak 26 orang siswa dengan nilai rata – rata sebesar (86.6%) yang telah mencapai ketuntasan hasil belajar sedangkan 4 orang siswa (13.33%) masih belum tuntas dalam hasil belajar. Dengan nilai rata – rata hasil belajar adalah 79.16. Sehingga kenaikan nilai rata – rata antara siklus I dan siklus II adalah sebesar 8.36 %. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan variasi pembelajaran dapat memberikan peningkatan terhadap hasil belajar menggiring bola (dribbling) dalam permainan bola basket pada siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 PJKR 047
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 17 Apr 2018 15:16
Last Modified: 18 Feb 2019 04:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29759

Actions (login required)

View Item
View Item