PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN INTERAKSI SOSIAL SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SOSIOLOGI DI SMA NEGERI 1 SEI BAMBAN

Irma, Chairiah (2011) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN INTERAKSI SOSIAL SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SOSIOLOGI DI SMA NEGERI 1 SEI BAMBAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1500060520400 abstrak.pdf]
Preview
Text
1500060520400 abstrak.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 1500060520400 kata pengantar.pdf]
Preview
Text
1500060520400 kata pengantar.pdf - Published Version

Download (624kB) | Preview
[thumbnail of 1500060520400 bab I.pdf]
Preview
Text
1500060520400 bab I.pdf - Published Version

Download (602kB) | Preview
[thumbnail of 1500060520400 bab V.pdf]
Preview
Text
1500060520400 bab V.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berdasar Pipe pembelajaran STAI) dan JIGSAW terhadap basil belajar sosiologi, dan interaksi antara strategi pembelajaran dan Interaksi sosial siswa terhadap hasil belajar sosiologi siswa.Fenelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Total populasi dalam penelitian ini berjumlah 100 orang terdiri dari 3 kelas. Sedangkan sampel penelitian berjumlah 60 orang terdiri dan 2 kelas dengan menggunakan cluster random sampling. Sebelum perlakuan terlebih dahulu sampel penelitian diberikan angket interaksi sosial. Selanjutnya tes basil belajar sosiologi yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian terlebih dahulu diujicobakan untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilitas tes hasil belajar. Statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan statistik inferensial untuk menguji hipotesis penelitian. 1-lipotesis penelitian diuji dengan rnenggunakan ANAVA 2 jalur dengan desain faktorial 2 x 2. Sebelum ANAVA 2 jalur sah digunakan, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dengan uji chi-kuadrat dan uji homogenitas varians dengan uji-F dan uji Bartlet. Uji lanjut menggunakan uji Scheffe.Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar sosiologi yang di ajar dengan model Pembelajaran STAR lebib tinggi dari pada hash belajar sosiologi siswa yang di ajar dengan model pembelajaran Jigsaw dengan Fhinng 4,60 > F,,,b,i — 4,01 pada taraf signifikan et = 0,05. (2) siswa yang memiliki kecendrungan interaksi sosia] koperatif memperoieh hasil belajar yang lebih tinggi clari pada siswa yang memiliki kecendrungan Interaksi sosial kompetititf Fhttung 5,61 > F./awl = 4,01 pada taraf signifikan tx. — 0,05, dan (3) terdapat interaksi antara mode! pembelajaran dan interaksi sosial terhadap hasil belajar sosiologi siswa. Hal ini ditunjukkan oleh Fsinng = 5.05 > Finbet W 4.01 pada taraf signifikan ct—0,05.Dar basil analisis data disimpulkan bahwa model pembelajaran yang tepat digunakan pada siswa dengan siswa yang memiliki interaksi sosial koperatif adalah model pembelajaran STAD sedangkan siswa yang memiliki interaksi sosia] kompetitif yang tepat digunakan adalah model pembelajaran Jigsaw. Implikasi dari penelitian ini secara khusus ditujukan kepada guru Sosiologi yaitu dalam penerapan model pembelajaran memperhatikan Interaksi sosial siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 373. 238 Irm p
Uncontrolled Keywords: Sosiologi, Siswa, SMA, Kooperatif; Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 27 Apr 2016 21:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2969

Actions (login required)

View Item
View Item