PENGARUH PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 101775 SAMPALI KECAMATAN PERCUT SEI TUAN T.A 2017/2018

Tanjung, Nur Azizah (2018) PENGARUH PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 101775 SAMPALI KECAMATAN PERCUT SEI TUAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1142111007 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1142111007 COVER.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1142111007 PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1142111007 PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (491kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1142111007 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1142111007 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1142111007 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1142111007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (362kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1142111007 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1142111007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1142111007 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1142111007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1142111007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1142111007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1142111007 BAB I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1142111007 BAB I.pdf - Published Version

Download (479kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 1142111007 BAB V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 1142111007 BAB V.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM.1142111007 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13. NIM.1142111007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview

Abstract

Nur Azizah Tanjung, NIM.1142111007. Pengaruh Pendekatan CTL (Contextual Teaching Learning) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 101775 Sampali Kecamatan Percut Sei Tuan T.A 2017. Skripsi Jurusan Pendidikan Pra Sekolah Dasar. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Medan, 2018. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya Hasil Belajar IPA Siswa kelas IV SD Negeri 101775 Sampali Pada mata Pelajaran IPA dengan Materi Sumber Daya Alam dan Pemanfaatannya. Tujuan dilakukan nya penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan CTL (Contextual Teaching Learning) terhadap Hasil Belajar IPA siwa kelas IV SD Negeri 101775 Sampali 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen dengan pendekatan Kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 101775 Sampali. dengan Populasi Penelitian seluruh siswa kelas IVa dan ke IVb SD Negeri 101775 Sampali yang berjumlah 54 siswa, yang terdiri dari 28 kelas Iva sebagai kelas Eksperimen dan 26 kelas IVb sebagai kelas Kontrol , sedangkan sampel yang dibutuhkan adalah 54 siswa yang diperoleh melalui teknik sampling. Pengolahan data dilakukan dengan uji-t. variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah Pendekatan CTL (X) dan Hasil Belajar siswa (Y). Berdasarkan Hasil Perhitungan dengan menggunakan Uji t dengan alfa 0.05 dengan DB 2 maka di peroleh nilai thitung = 6,53 dan nilai ttabel=1,675. karena thitung > ttabel (6.53 > 1,675) pada taraf signifikan nyata (α= 0,05), maka dapat disimpulkan Ha diterima. Berdasarkan hasil uji hipotesis pada penelitian ini ditemukan adanya pengaruh signifikansi antara Pendekatan CTL (Contextual Teaching Learning) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 101775 Sampal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 PGSD 035
Uncontrolled Keywords: SIGNIFIKANSI, OBSERVASI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 10 Apr 2018 14:28
Last Modified: 18 Feb 2019 05:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29616

Actions (login required)

View Item
View Item