IMPLEMENTASI TEKNIK BERMAIN PERAN DALAM PENGAJARAN BERBICARA BAHASA PRANCIS UNTUK MEMBERNTUK KARAKTER MAHASISWA

Eviyanti, Evi (2011) IMPLEMENTASI TEKNIK BERMAIN PERAN DALAM PENGAJARAN BERBICARA BAHASA PRANCIS UNTUK MEMBERNTUK KARAKTER MAHASISWA. In: Seminar Nasional Pengembangan Karakter Lulusan yang Kompetitif melalui Pembelajaran Bahasa, Sastra, dan Seni, 5-6 Jul 2011, Medan.

[img] Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)

Abstract

Berbicara lebih banyak dilakukan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu kemampuan berbicara sangat penting untuk dikuasai oleh setiap orang agar dapat menyampaikan informasi, perasaan, keinginan, mengemukakan ide kepada lawan bicara dengan menggunakan kata-kata yang dapat dimengerti oleh lawan bicara, sehingga lawan bicara dapat menerima dan memahami apa yang disampaikan oleh pembicara. Teknik bermain peran merupakan salah satu teknik pengajaran yang dapat digunakan dalam pengajaran berbicara bahasa Prancis. Teknik ini menuntut mahasiswa untuk aktif berbicara bahasa Prancis dan memberikan kebebasan kepada mahasiswa sebagai pembelajar bahasa Prancis untuk berimajinasi sesuai dengan tokoh yang diperankan sesuai dengan tema dialog. Kemampuan berbicara seseorang dapat menunjukkan karakter orang yang herbicara. Setiap orang mempunyai kemampuan berbicara bahasa Prancis yang berbeda-beda. Kesuksesan seseorang tidak ditentukan semata-mata oleh pengetahuan dan keterampilan teknis (hard skills), tetapi oleh keterampilan mengelola diri dan orang lain. Melalui implementasi teknik bermain peran dalam pengajaran berbkara bahasa Prancis dapat membentuk karakter mahasiswa ketika mahasiswa melakukan komunikasi lisan dengan teman-teman di dalam kelas yang memerankan berbagai tokoh sesuai dengan tema dialog.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Bermain peran; Berbicara; Karakter; Bahasa Prancis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
P Language and Literature > PC Romance languages > PC2001 French
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 14 Mar 2018 09:10
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29517

Actions (login required)

View Item View Item