PENGEMBANGAN KOGNITIF DAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN BERMAIN BALOK DI TAMAN KANAK-KANAK PLUS SWASTA DARUL ILMI MURNI MEDAN TAHUN AJARAN 2016/ 2017

Thahir, Jamilah (2017) PENGEMBANGAN KOGNITIF DAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN BERMAIN BALOK DI TAMAN KANAK-KANAK PLUS SWASTA DARUL ILMI MURNI MEDAN TAHUN AJARAN 2016/ 2017. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8136181011 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8136181011 COVER.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8136181011 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8136181011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8136181011 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8136181011 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8136181011 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8136181011 PREFACE.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8136181011 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8136181011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8136181011 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8136181011 TABLES.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8136181011 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8136181011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8136181011 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8136181011 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8136181011 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8136181011 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8136181011 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8136181011 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8136181011 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8136181011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kognitif dan kreativitas anak
kelompok B melalui kegiatan bermain balok di TK Plus Swasta Darul Ilmi Murni
Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Room Action
Research) yaitu suatu bentuk penelitian yang dilakukan guru untuk memperbaiki
proses pembelajaran. Penelitian ini terdiri dari empat langkah, yaitu : (a) perencanaan
(planning); (b) tindakan (action); (c) pengamatan (observing); (d) refleksi
(reflecting). Subyek dalam penelitan tindakan kelas ini adalah anak Usia 5-6 Tahun
di TK Plus Swasta Darul Ilmi Murni Medan Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah
27 orang yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa dari data observasi yang dilakukan pada pelaksanaan
pembelajaran siklus I yaitu pada perkembangan kognitif anak sebanyak 26 orang
anak atau 96% termasuk mulai berkembang, sebanyak 1 orang anak 4% berkembang
sesuai harapan. Nilai rata-rata perkembangan kognitif anak sebesar 57,4 atau berada
dikategori mulai berkembang. Sementara pada perkembangan kreativitas anak pada
siklus I, sebanyak 20 orang anak atau 74% termasuk mulai berkembang, dan
sebanyak 7 orang anak 26% berkembang sesuai harapan. Nilai rata-rata
perkembangan kreativitas anak sebesar 47,22 atau berada dikategori mulai
berkembang. Berdasarkan hasil penelitian perlu dilanjutkan ke siklus II dengan
perbaikan anak lebih aktif dengan kegiatan bermain balok. Dari data observasi yang
dilakukan pelaksanaan pembelajaran siklus II dapat dikemukakan bahwa pada
perkembangan kognitif anak sebanyak 21 orang anak atau 78% termasuk berkembang
sangat baik dan sebanyak 6 orang anak atau 22% berkembang sesuai harapan. Nilai
rata-rata perkembangan kognitif anak sebesar 83,78 atau berada dikategori
berkembang sangat baik. Sementara pada perkembangan kreativitas anak sebanyak
21 orang anak atau 78% termasuk berkembang sangat baik dan sebanyak 6 orang
anak atau 22% berkembang sesuai harapan. Nilai rata-rata perkembangan kreativitas
anak sebesar 87 atau berada dikategori berkembang sangat baik. Hal tersebut
membuktikan bahwasanya telah terjadi peningkatan nilai anak dari siklus I ke siklus
II yaitu kemampuan kognitif sebesar 26,38 dan kreativitas anak sebesar 39,78.
Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa dengan melalui
kegiatan bermain balok dapat mengembangkan kognitif dan kreativitas anak di
Taman Kanak-Kanak Plus Swasta Darul Ilmi Murni Medan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.21 Tha p
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kognitif, Pengembangan Kreativitas, Bermain Balok
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 05 Mar 2018 02:42
Last Modified: 05 Mar 2018 02:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29404

Actions (login required)

View Item
View Item