PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 7 MEDAN T.P 2016/2017

SARI, ANGGI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 7 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4133121002 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4133121002 COVER.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4133121002 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4133121002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4133121002 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4133121002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4133121002 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4133121002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4133121002 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4133121002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4133121002 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4133121002 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4133121002 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4133121002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4133121002 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4133121002 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4133121002 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4133121002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (358kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4133121002 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4133121002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4133121002 BIBILIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4133121002 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar dengan menggunakan model Inkuiri Terbimbing lebih baik daripada pembelajaran langsung pada materi Momentun dan Impuls di kelas X Semester II di SMA Negeri 7 Medan T.A. 2016/2017.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA Negeri 7 Medan yang terdiri dari tujuh kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas MIPA-3 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas MIPA-5 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 37 siswa yang ditentukan dengan teknik Random Sampling. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model Inkuiri Terbimbing dan kelas kontrol dengan pembelajaran langsung. Data yang digunakan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda, jumlah 10 soal yang telah divalidkan oleh validator.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 35,13 dan kelas kontrol adalah 36,48 . Setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas, data nilai pretes dari kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan homogen. Melalui pengujian hipotesis kesamaan rata-rata pretes diperoleh bahwa kemampuan awal kedua kelas sama. Setelah kemampuan awal sama kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Data postes yang diperoleh yaitu hasil rata-rata kelas eksperimen adalah 78,10 dan kelas kontrol 61,35. Hasil uji beda nilai kedua kelas pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh > . maka dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi Momentum dan Impuls di kelas X SMA Negeri 7 Medan T.P 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 FIS 041
Uncontrolled Keywords: INKUIRI TERBIMBING, MOMENTUM DAN IMPULS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 26 Jan 2018 16:43
Last Modified: 14 Mar 2018 07:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28975

Actions (login required)

View Item
View Item