PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN INSTALASI PENERANGAN GEDUNG BERTINGKAT DI KELAS XI SMK NEGERI 2 KARANG BARU KABUPATEN ACEH TAMIANG T.P 2017/2018

Azwar (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN INSTALASI PENERANGAN GEDUNG BERTINGKAT DI KELAS XI SMK NEGERI 2 KARANG BARU KABUPATEN ACEH TAMIANG T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5112131003 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5112131003 COVER.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5112131003 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5112131003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (595kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5112131003 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5112131003 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5112131003 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5112131003 PREFACE.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5112131003 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5112131003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5112131003 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5112131003 TABLES.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5112131003 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5112131003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5112131003 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5112131003 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5112131003 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5112131003 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (614kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5112131003 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5112131003 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 5112131003 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 5112131003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview

Abstract

Azwar. 5112131003 Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Instalasi Penerangan Gedung Bertingkat di Kelas XI SMK Negeri 2 Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang T.P. 2017/2018. Skripsi. Fakultas Teknik, Universitas Negeri Medan 2017.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh penerapan model pembelajaran group investigation terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok instalasi penerangan gedung bertingkat di kelas XI Program Keahlian Teknik Listrik SMK Negeri 2 Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang T.P. 2017/2018. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuasi eksperimental dengan desain penelitian yaitu pretest-posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Listrik sebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperimen diajarkan model pembelajaran group investigation dan kelas kontrol diajarkan model pembelajaran ekspositori. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar sebanyak 25 soal dalam bentuk pilihan berganda yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Teknik analisis data menggunakan uji-t (Independet Sampel T-Test) dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian dan pengujian hipotesis disimpulkan bahwa: (1) hasil belajar siswa kelas eksperimen setelah diajarkan dengan model pembelajaran group investigation pada kompetensi atau materi pokok instalasi penerangan gedung bertingkat diperoleh rata-rata nilai postes sebesar 84,67; (2) hasil belajar siswa kontrol setelah diajarkan dengan model pembelajaran ekspositori pada kompetensi atau materi pokok instalasi penerangan gedung bertingkat diperoleh rata-rata nilai postes sebesar 79,47; dan (3) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran group investigation terhadap hasil belajar siswa pada kompetensi atau materi pokok instalasi penerangan gedung bertingkat di kelas XI Program Keahlian Teknik Listrik SMK Negeri 2 Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang T.P. 2017/2018 yang dibuktikan dari nilai thitung > ttabel yaitu 2,893 > 2,00 serta nilai probabilitas atau sig. Sebesar 0,005 < 0,05. Hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran group investigation (84,67) lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran eskpositori (79,47).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 ELK 005
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TH Building construction
T Technology > TH Building construction > TH7700 Illumination. Lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 25 Jan 2018 17:39
Last Modified: 18 Feb 2019 05:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28831

Actions (login required)

View Item
View Item