PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDUKTIF UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK SMK SWASTA ISTIQLAL DELITUA T.P 2017/2018

SARI, NURI WANDA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDUKTIF UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK SMK SWASTA ISTIQLAL DELITUA T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 7133342041_JUDUL.pdf]
Preview
Text
1. NIM 7133342041_JUDUL.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 7133342041_LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN DAN SURAT PERNYATAAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 7133342041_LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN DAN SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (570kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 7133342041_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 7133342041_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 7133342041_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 7133342041_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 7133342041_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 7133342041_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 7133342041_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM 7133342041_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 7133342041_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM 7133342041_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 7133342041_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM 7133342041_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 7133342041_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 7133342041_BAB I.pdf - Published Version

Download (389kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 7133342041_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 7133342041_BAB V.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 7133342041_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 7133342041_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview

Abstract

Permasalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi melalui penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Dengan Strategi Pembelajaran Induktif Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X AK SMK Swasta Istiqlal Delitua Tahun Ajaran 2017/2018.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Istiqlal Delitua yang beralamat di Jalan Stasiun No. 1A Delitua Desa Suka Makmur. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AKyang berjumlah 40 orang siswa. Objek dalam Penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Dengan Strategi Pembelajaran Induktif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan lembar observasi aktivitas siswa untuk melihat aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Teknik analisis data terdiri dari dua tahap yaitu data kualitatif dan data kuantitatif.
Hasil observasi yang telah dilakukan menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I terdapat 22 orang (55%) siswa yang dinyatakan aktif dan sangat aktif. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 35 orang siswa (87,5%) siswa yang dinyatakan aktif dan sangat aktif. Sehingga aktivitas belajar siswa meningkat 32,5% dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar pada pretest sebelum diadakannya tindakan menunjukkan 17 orang siswa (42,5%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 69,375%. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 25 orang (62,5%) dengan nilai rata-rata 74,15% dan pada siklus ke II sebanyak 37 orang siswa mengalami ketuntasan belajar (92,5%) dengan nilai rata-rata 83,125%. Sehingga terjadinya peningkatan hasil belajar akuntansi siswa dari siklus I sampai ke siklus II sebesar 8,97%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Dengan Strategi Pembelajaran Induktif dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi pada siswa kelas X AK pada materi pokok Mengelola Jurnal di SMK Swasta Istiqlal Delitua Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 AKT 028
Uncontrolled Keywords: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDUKTIF, AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 25 Jan 2018 16:58
Last Modified: 03 Mar 2018 04:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28523

Actions (login required)

View Item
View Item