PENGARUH MODEL PLANTET QUESTION DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI KELAS XI SMA BUDISATRYA MEDAN

Harahap, Mislah Sahila and Azwar, Edi and Manurung, Nurhasanah (2017) PENGARUH MODEL PLANTET QUESTION DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI KELAS XI SMA BUDISATRYA MEDAN. In: Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya, 8 September 2017, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Cover dan Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Cover dan Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of MS Harahap, E Azwar, N Manurung.pdf]
Preview
Text
MS Harahap, E Azwar, N Manurung.pdf - Published Version

Download (888kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Plantet Question dengan media Audio Visual terhadap hasil belajar siswa pada materi Sistem Reproduksi Manusia di Kelas XI SMA Budisatrya Medan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai Juni 2016. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (Quasi experiment) dengan populasi penelitian adalah seluruhsiswa di kelasXI SMA Budisatrya Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 79 siswa yang kemudian dijadikan sampel sebanyak 40 siswa dari kelas XI IPA-1 dengan cara pengambilan sampel acak (Random Sampling). Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa pretest dan posttest. Nilai rata-rata hasil belajar siswa sebelum menggunakan model Plantet Question dengan media Audio Visual adalah 58,7 dengan simpangan baku 8,39, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model Model Plantet Question dengan media Audio Visual adalah 79,9 dengan simpangan baku 8,88. Nilai KKM yang ditetapkan sekolah tersebut adalah 70,00. Uji normalitas menunjukkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan model Plantet Question dengan media Audio Visual berdistribusi normal, kriteria nilai Lhitung < Ltabel (0,1393 < 0,1401). Data hasil belajar siswa menggunakan Model Plantet Question dengan media Audio Visual adalah homogen karena nilai Fhitung < Ftabel (1,12 < 2,148). Berdasarkan uji hipotesis diperoleh nilai thitung > ttabel = 12,45 > 1,68 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan penggunaan model Plantet Question dengan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Siswa Pada materi Sistem Reproduksi Manusia di Kelas XI SMA Budisatrya Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Sistem Reproduksi Manusia; Model Plantet Question dengan media Audio Visual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH471 Reproduction
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 24 Jan 2018 08:50
Last Modified: 24 Jan 2018 08:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28428

Actions (login required)

View Item
View Item