KARAKTERISASI TANAMAN BIWA (Eriobotrya japonica Lindl) DI SIDIKALANG KABUPATEN DAIRI DAN KABANJAHE, SUMATERA UTARA

Pinem, Mitra Dhani and Lailatusysyifa (2017) KARAKTERISASI TANAMAN BIWA (Eriobotrya japonica Lindl) DI SIDIKALANG KABUPATEN DAIRI DAN KABANJAHE, SUMATERA UTARA. In: Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya, 8 September 2017, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Cover dan Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Cover dan Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of MD Pinem, Lailatusysyifa.pdf]
Preview
Text
MD Pinem, Lailatusysyifa.pdf - Published Version

Download (859kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfatan tanaman biwa dan mengetahui karakteristik tanaman biwa yang ada di Kecmatan Sidikalang dan kota Kabanjahe. Lokasi penelitian ini dilakukan di beberapa desa di Kecamatan Sidikalang dan Kota Kabupaten Kabanjahe Kabupaten Karo Provinasi Sumatera Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh tanaman biwa di Kecamatan Sidikalang dan kota Kabanjahe. Sedangkan sampel pada penelitian ini adalah tiga belas tanaman biwa di Kecamatan Sidikalang Kab. Dairi dan Kota Kabanjahe Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Cara perolehan data dilakukan dengan melihat karakteristik batang, dan daun serta dengan penambahan informasi dari penelitin-penelitian terdahulu tentang tanaman biwa. Penelitian dilakukan dengan cara pengamatan morfologi secara langsung dan mendokumentasikan biwa dan bagiannya.Analisis data dilakukan menggunakan skoring data morfologi dari deskripsi menjadi data biner. Skor nol (0) apabila sifat tersebut tidak terdapat pada suatu tanaman dan skor satu (1) apabila sifat tersebut dimiliki oleh tanaman yang diamati. Besarnya kemiripan antar individu dianalisis menggunakan kluster atau gerombol. Analisis kluster dilakukan dengan program NTSYSpc versi 2.02i dengan metode UPGMA (Unweighted Pair Group Method of Arithmatic Average) fungsi SimQual (Rohlf, 2000). Hasil analisis kekerabatan dengan NTSYS menghasilkan dendogram dimana secara umum tidak terdapat perbedaan antara tanaman biwa di Kabanjahe dan biwa Sidikalang. Hal ini mungkin dipengaruhi faktor geografis yang berdekatan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Tanaman Biwa; Karakteristik Daun; Karakteristik Batang; Dendogram
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
S Agriculture > SB Plant culture > SB599 Pests and diseases > SB621 Plant pathology
S Agriculture > SB Plant culture > SB599 Pests and diseases > SB950 Pest control and treatment of diseases. Plant protection > SB974 Organic plant protection. Biological control
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 24 Jan 2018 08:17
Last Modified: 24 Jan 2018 08:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28422

Actions (login required)

View Item
View Item