PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA SISWA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 BINJAI

Syukri, Muhammad and Azwar, Edi and Budianto (2017) PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA SISWA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 BINJAI. In: Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya, 8 September 2017, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Cover dan Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Cover dan Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of M Syukri, E Azwar, Budianto.pdf]
Preview
Text
M Syukri, E Azwar, Budianto.pdf - Published Version

Download (979kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Guided Discoveryterhadap hasil belajar siswa pada materi Sistem Pernapasan Pada Manusia di Kelas XI SMA Negeri 1 Binjai Kabupaten Langkat. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 10 Maret sampai 19 Mei 2016. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (Quasi experiment) dengan populasi penelitianadalah seluruh siswa di kelas XI SMA Negeri 1 Binjai Tahun Pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 126 orangdari 3 kelas yang kemudian dijadikan sampel sebanyak 41 orang dari kelas XI IPA1 dengan cara pengambilan sampel acak(Random Sampling). Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa pre-test dan post- test. Hasil belajar siswa sebelum menggunakan model Guided Discovery diperoleh nilai yang tuntas sesuai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 78 adalah sebanyak 0 orang (0%) dan yang tidak tuntas sebanyak 41 orang (100%) dengan nilai rata-rata 44,47 dan standart deviasi 11,29, sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan model Guided Discoverydiperoleh nilai yang tuntas sesuai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 78 adalah sebanyak 21 orang (51,2%) dan yang tidak tuntas sebanyak 20 orang (48,7%) dengan nilai rata-rata 73,62 dan standart deviasi 14,51.Hasil uji normalitas diperoleh Lo < Ltabel yaitu 0,10 < 0,1384 dinyatakan bahwa data berdistribusi normal sedangkan hasil uji homogenitas diperoleh Fhitung < Ftabel = 1,65<1,69 dinyatakan data mempunyai varians yang sama atau homogen. Hasil uji hipotesismenggunakan uji t diperolehthitung > ttabel atau 13,67> 1,68dengan taraf kepercayaan 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwaada pengaruh yang signifikan penggunaan model Guided Discoveryterhadap hasil belajar Biologi materi Sistem Pernapasan Manusia di Kelas XI SMA Negeri 1 Binjai Tahun Pembelajaran 2015/2016.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Hasil Belajar; Biologi (Pernapasan Manusia); Guided Discovery
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
R Medicine > RC Internal medicine > RC581 Specialties of internal medicine > RC705 Diseases of the respiratory system
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 24 Jan 2018 07:42
Last Modified: 24 Jan 2018 07:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28416

Actions (login required)

View Item
View Item