Irmayati, and Hasruddin, and Manurung, Binari (2017) PRELIMANARY RESEARCH PENGEMBANGAN BUKU AJAR MIKROBIOLOGI BERBASIS LITERASI SAINS. In: Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya, 8 September 2017, Universitas Negeri Medan.
Text
Cover dan Daftar Isi.pdf - Published Version Download (0B) |
|
Text
Irmayati, Hasruddin, B Manurung.pdf - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version Download (0B) |
|
Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version Download (0B) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangkan buku ajar mikrobiologi berbasis literasi sains. Penelitian pengembangan ini menggunakan Model Borg & Gall dilakukan di Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Medan pada bulan Januari-Juni 2017. Subjek penelitian sebanyak 30 orang mahasiswa semester 8 yang sudah memperoleh perkuliahan mikrobiologi, 2 orang dosen pengampu matakuliah Mikrobiologi. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan teknik prosentase. Penelitian awal ini berupaya mengumpulkan informasi tentang kebutuhan mahasiswa tentang buku ajar mikrobiologi berbasis literasi sains dan menganalisis ketersediaan buku ajar sebagai sumber belajar bagi mahasiswa. Hasil penelitian ditemukan bahwa buku referensi mikrobiologi yang digunakan mahasiswa berupa diktat yang masih belum berbasiskan literasi sains. Literasi sains memiliki 4 aspek yaitu: (1) Sains sebagai batang tubuh, (2) Sains sebagai cara berpikir, (3) Sains sebagai cara untuk menyelidiki, dan (4) Sains sebagai interaksi sains, teknologi dan masyarakat. Sebanyak 93,33% setuju untuk dilakukannya pengembangan buku mikrobiologi berbasis literasi sains.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Prelimanary Research; Pengembangan Buku Ajar; Mikrobiologi; Berbasis Literasi Sains |
Subjects: | S Agriculture > SF Animal culture > SF600 Veterinary medicine > SF780.2 Veterinary microbiology, bacteriology, virology, mycology Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z1003 Choice of books. Books and reading. Book reviews |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 24 Jan 2018 06:49 |
URI: | http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28403 |
Actions (login required)
View Item |