PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DITINJAU DARI SIKAP SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN IPS

Siregar, Atika Nurladiza (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DITINJAU DARI SIKAP SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN IPS. In: Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017, 17 May 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh model pembelajaran kooperatif jigsaw terhadap hasil belajar IPS ditinjau dari sikap sosial dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas V SD Pelangi Medan Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen. Sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel total instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar IPS dan kuesioner sikap sosial. Analisis data menggunakan anakova. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari tiga yaitu model pembelajaran kooperatif jigsaw sebagai variabel bebas, sikap sosial sebagai variabel moderator dan hasil
belajar IPS sebagai variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : pertama, terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti model pembelajaran koperatif jigsaw dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Kedua, terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif jigsaw lebih tinggi dari siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional setelah sikap sosial dikendalikan. Ketiga, terdapat kontribusi sikap sosial terhadap hasil belajar IPS siswa baik yang mengikuti model pembelajaran kooperatif jigsaw maupun model pembelajaran konvensional.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Ilmu sosial; Pembelajaran kooperatif; Jigsaw; Sikap sosial; Karakter; Warga negara; Era global; Model pembelajaran; Hasil belajar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology > HM1001 Social psychology > HM1106 Interpersonal relations. Social behavior
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 13 Jan 2018 05:43
Last Modified: 13 Jan 2018 05:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28162

Actions (login required)

View Item
View Item