PENGGUNAAN ALAT PERAGA NOMOGRAF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Purba, Khusnul Khatimah (2017) PENGGUNAAN ALAT PERAGA NOMOGRAF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. In: Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017, 17 May 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu 1) meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 163096 Tebing Tinggi pada mata pelajaran Matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan alat peraga nomograf. 2) Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV SDN 163096 Tebing Tinggi dalam mata pelajaran matematika.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 163096 Tebing Tinggi, yang terdiri dari dua kelas yang berjumlah 57 Orang. Dan yang menjadi sampel adalah siswa kelas IV B yang berjumlah 29 Orang. Variabel dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas IV SDN 163096 Tebing Tinggi Semester II Tahun Pembelajaran 2016/2017 pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dan tindakannya sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar tersebut dengan menggunakan alat peraga nomograf. Indikator dari variabel diatas adalah skor hasil tes siswa yang diperoleh siswa dengan menggunakan alat peraga nomograf dan Objek dalam penelitian ini adalah pemahaman siswa dengan melihat hasil belajar matematika siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui penggunaan alat peraga nomograf pada siswa kelas IV SDN 163096 Tebing Tinggi Semester II Tahun Pembelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan 1) Pemahaman siswa kelas IV SDN 163096 Tebing Tinggi meningkat dengan menggunakan alat peraga nomograf dalam pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dan memperlihatkan adanya proses pembelajaran yang dilakukan dapat berjalan efektif. 2) Dengan menerapkan penggunaan alat peraga nomograf dalam pembelajaran di kelas IV pada pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dan pemberian tes dan ternyata hasil belajar siswa meningkat secara klasikal. Terbukti dengan diperolehnya persentase ketuntasan siswa meningkat.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Media konkrit; Nomograf; Alat peraga; Aktivitas belajar; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 13 Jan 2018 05:07
Last Modified: 13 Jan 2018 05:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28159

Actions (login required)

View Item
View Item