PENERAPAN METODE DRILL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA MATERI MENULIS HURUF KAPITAL SISWA KELAS II SD AL-WASHLIYAH 01 MEDAN

Tanjung, Bunga Irhamna Khalida and Syakur, Nasrul (2017) PENERAPAN METODE DRILL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA MATERI MENULIS HURUF KAPITAL SISWA KELAS II SD AL-WASHLIYAH 01 MEDAN. Jurnal Mediasi, 06 (01). pp. 12-28. ISSN 2085-6342

[img] Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui bagaimana kualitas belajar siswa Kelas II pada pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis huruf kapital di SD Al-Washliyah 01 Medan setelah diterapkannya metode drill. Serta untuk mengetahui apakah dengan penerapan metode drill dapat meningkatkan kualitas belajar siswa Kelas II SD Al-Washliyah 01 Medan.Subjek dalam peneltian ini adalah siswa-siswi kelas II SD Al-Washliyah 01 Medan yang berjumlah 13 orang yang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 5 orang perempuan. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode pengamatan (observasi), tes dan dokumentasi. Data-data yang diperoleh dalam penelitian baik melalui pengamatan, test atau dengan wawancara kemudian diolah dengan analisis deskriptif untuk menggambarkan keadaan peningkatan pencapaian indikator keberhasilan tiap siklus dan untuk menggambarkan keberhasilan kegiatan penerapan metode metode drill dalam meningkatkan kualitas belajar Bahasa Indonesia pada materi menulis huruf kapital siswa kelas II SD Al-Washliyah 01 Medan.Setelah diterapkannya pembelajaran dengan menggunakan metode drill pada pelajaran Bahasa Indonesia membuat siswa lebih menyenangi pembelajaran Bahasa Indonesia materi menulis huruf kapital. Kemampuan menulis siswa kelas II SD Al-Washliyah 01 Medan mengalami peningkatan, terbukti dari hasil tindakan kelas pada siklus I mencapai 75.6% mengalami peningkatan pada siklus II hingga mencapai 92.2%

Item Type: Article
Keywords: Menulis; Huruf kapital; Metode drill; Kualitas belajar; Metode belajar; Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 11 Jan 2018 02:14
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28127

Actions (login required)

View Item View Item