PEMBELAJARAN INOVATIF DENGAN MODEL THINK TALK WRITE DALAM MEMBANGUN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS

Siregar, Nurkhairunnisa (2017) PEMBELAJARAN INOVATIF DENGAN MODEL THINK TALK WRITE DALAM MEMBANGUN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS. In: Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017, 17 May 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://semnasfis.unimed.ac.id/wp-content/uploads/2...

Abstract

Pembelajaran matematika pada saat ini masih berupa kegiatan-kegiatan yang bersifat mekanistik dan tentunya jauh dari ciri Pembelajaran Inovatif. Saat pembelajaran berlangsung sering dijumpai siswa hanya mendengarkan dan mencatat apa yang disampaikan guru, dengan kata lain guru sebagai pusat pembelajaran. Hal ini menyebabkan siswa bersifat pasif dan tidak dirangsang untuk membangun dan mengembangkan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa. Perlu kita ketahui bahwa kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis ini merupakan ciri dari pembelajaran matematik yang Inovatif. Disamping itu terdapat ciri dan prinsip dari pembelajaran matematis dengan pendekatan kontekstual yang sejalan dengan konsep berpikir matermatis tingkat tinggi dalam mengembangakan pembelajaran yang Inovatif. Dengan belajar aktif, melalui partisipasi dalam setiap kegiatan pembelajaran, akan terlatih dan terbentuk kompetensi yaitu kemampuan siswa untuk melakukan sesuatu yang sifatnya positif yang pada akhirnya akan membentuk life skill sebagai bekal hidup dan penghidupannya. Jadi, agar hal tersebut di atas dapat terwujud, guru seyogianya mengetahui dan menguasai berbagai cara membelajarkan siswa dengan pembelajaran Inovatif salah satunya dengan model pembelajaran Think-Talk-Write dapat digunakan sebagai alternatif dalam membangun kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran Matematika.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pemecahan masalah; Think talk write; Pembelajaran inovatif; Komunikasi matematis; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 10 Jan 2018 04:15
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28106

Actions (login required)

View Item View Item