PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MEMBANGUN SUMBER DAYA MANUSIA BERKARAKTER UNGGUL DALAM MENGHADAPI KEHIDUPAN SOSIAL

Lemmy, Paradita Kumala (2017) PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MEMBANGUN SUMBER DAYA MANUSIA BERKARAKTER UNGGUL DALAM MENGHADAPI KEHIDUPAN SOSIAL. In: Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017, 17 May 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Pendidikan sebagai solusi terbaik dalam mengatasi permasalahan yang terjadi dalam era globalisasi pada kehidupan sosial kita di Indonesia. Karena dari pendidikan kita dapat menentukan kehidupan yang seperti apa yang diinginkan. Karena pada pendidikan kita dapat menjadikan manusia terbaik dikehidupan dimasa depan. Dengan berbagai rancangan yang telah disiapkan oleh guru sebagai pembentukan manusia-masia yang siap menghadapi kehidupan sosialnya dimasa mendatang yaitu dengan pembelajaran inovatif yang berbasis lingkungan sekitar siswa untuk membangun sumber daya manusia yang berkarakter unggul. Dengan menjadikan lingkungan sebagai topik atau materi belajar serta dapat menjadi media dalam pembelajaran. Karena menjadikan lingkungan sekitarnya sebagai materi belajar akan lebih menjadi pembelajaran yang bermakna dari pada dengan materi yang hanya ada didalam buku pelajaran siswa, sehingga permasalahan yang terjadi dilingkungan sekitar akan menjadi latihan bagi siswa dalam membantuk karakter yang diharapkan. Lingkungan sekitar akan lebih dekat dengan kehidupan yang akan ia jalani dengan berbagai permasalahan yang terjadi. Karena banyaknya teori yang tidak sama dengan kehidupan nyata, teori tersebut akan sama dengan kenyataan sebagian orang saja atau hanya menyerupai tetapi tidak sama dalam perlakuan penyelesaiannya. Maka penting rasanya siswa dihadapkan dengan lingkungan agar mengetahui apa yang terjadi pada kenyataannya serta dapat berlatih dalam mencari solusi yang tepat. Disitulah akan membangun sumber daya manusia yang berkarakter unggu dalam kehidupan sosialnya dengan didampingi peran seorang guru dalam mengarahkannya. Agar apa yang dilakukan siswa sesuai dengan yang diharapkan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan; Sumber daya manusia; Pembelajaran inovatif; Karakter unggul; Kehidupan sosial
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM1001 Social psychology > HM1106 Interpersonal relations. Social behavior
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB3602 School life. Student manners and customs
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 10 Jan 2018 03:03
Last Modified: 10 Jan 2018 03:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28100

Actions (login required)

View Item
View Item