PENDIDIKAN KARAKTER : MENGEMBANGKAN KARAKTER ANAK YANG ISLAMI

Sani, Ridwan Abdullah and Kadri, Muhammad (2016) PENDIDIKAN KARAKTER : MENGEMBANGKAN KARAKTER ANAK YANG ISLAMI. Bumi Aksara, Jakarta. ISBN 978-602-217-623-7

[thumbnail of Cover, Kata Pengantar, Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Cover, Kata Pengantar, Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (694kB) | Preview

Abstract

Sesuai dengan judulnya, buku Pendidikan Karakter: Mengembangkan Karakter Anak yang Islami membahas tentang strategi dan metode yang dapat digunakan untuk mengembangkan karakter anak. Kajian dilakukan berdasarkan Alquran dan sunah Rasullah, serta dipadukan dnegan ilmu pendidikan modern. Upaya mendidik anak merupakan hal yang pembahasannya sangat penting dalam ajaran Islam. Buku ini dibagi dalam enam bab yang mencakup konsep pendidikan karakter, atribut karakter berdasarkan Alquran dan hadits, strategi dan metode pendidikan karakter di rumah, hal penting yang harus diajarkan kepada anak, serta wawasan untuk menghadapi upaya pendangkalan akidah oleh nonmuslim.
Pada beberapa bagian dalam buku ini diberikan bagan yang diharapkan dapat membantu orang tua dalam menanamkan atribut karakter yang perlu dikaitkan dengan sebuah kegiatan atau ibadah yang dilatihkan kepada anak. Cara mewarat dan mengajarkan anak pada usia dini juga disajikan untuk membantuk orang tua muda dalam mendidik anak. Orang tua harus meluangkan waktu untuk berkomunikasi dan mengawasi perkembangan anak dalam upaya membentuk kepribadian mereka agar dapat menjadi penyejuk hati bagi orang tuanya dan bermanfaat bagi masyarakat.
Kajian pada bab terakhir mencakup penggunaan ayat-ayat Alkitab tidak untuk menyudutkan umat agama lain, namun sebagai bahan kajian bagi orang tua muslim dalam mendidik anaknya sebagai upaya penyebaran agama yang dilakukan dengan cara-cara yang tidak simpatik. Jika orang tua tidak memahami cara mengatasi hal tersebut, akidah seorang anak dapat saja berubah. Pendidikan yang baik perlu dilakukan karena orang tua akan menentukan apakah seorang anak akan menjadi seorang muslim yang baik atau tidak.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Rasullah; Pendidik; Metode pendidikan; Akhlak; Komunikasi; Keluarga; Ketauhidan; Shalat; Karakter
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
L Education > LC Special aspects of education > LC321 Religion and education
L Education > LC Special aspects of education > LC901 Islamic education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 05 Jan 2018 08:03
Last Modified: 05 Jan 2018 08:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28072

Actions (login required)

View Item
View Item