PERANAN METODE BERMAIN PERAN DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI

Shaleha, Kharida (2017) PERANAN METODE BERMAIN PERAN DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI. In: Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017, 17 May 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://semnasfis.unimed.ac.id/wp-content/uploads/2...

Abstract

Melalui bermain peran (role playing), anak dapat mencoba mengeksplorasi hubungan antar manusia dengan cara memperagakannya dan mendiskusikannya sehingga secara bersama-sama anak dapat mengeksplorasi perasaan, sikap, nilai, empati dan berbagai strategi pemecahan masalah. Sebagai suatu metode pembelajaran, penggunaan metode dalam proses pembelajaran memperhatikan karakteristik sosial emosional pada anak dalam mengembangkan sosial emosional pada anak, metode yang sesuai adalah metode yang dapat menggerakkan anak untuk mengekspresikan perasaan dari pribadi dan sosial. Dari dimensi pribadi metode bermain ini berusaha membantu anak menemukan makna dari lingkungan sosial yang bermanfaat bagi dirinya. Dari dimensi sosial, motode ini memberikan kesempatan kepada anak untuk bekerja sama dalam menganalisis situasi sosial. Dengan bermain peran dapat menjadi wahana bagi pengembangan sosial emosional anak. Agar perkembangan dalam pembelajaran anak berjalan efisien dan efektif mencapai sasarannya, diperlukan metode yang inovatif.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Bermain peran; Metode belajar; Sosial emosional; Anak usia dini
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 08 Jan 2018 02:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28065

Actions (login required)

View Item View Item