PENCAPAIAN STANDAR KOMPETENSI MATERI PELAJARAN IPS SISWA KELAS IV DI SD SWASTA AN-NIZAM MEDAN

Zulmawati (2010) PENCAPAIAN STANDAR KOMPETENSI MATERI PELAJARAN IPS SISWA KELAS IV DI SD SWASTA AN-NIZAM MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masalah dalam penelitian ini buku yang digunakan siswa di sekolah tidak menggambarkan kesesuaian dan pencapaian standar kompetensi sebagaimana yang disyaratkan oleh KTSP dimana tingkat satuan pendidikan diberi kewenangan untuk mengembangkan kurikulum sesuai dengan potensi sekolah/daerah.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian Standar Kompetensi Pelajaran IPS dengan buku yang digunakan siswa kelas IV di SD Swasta AN-NIZAM Medan dan untuk mengetahui pencapaian Standar Kompetensi mated pelajaran IPS siswa kelas IV di SD Swasta AN-NIZAM Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Swasta AN-NIZAM Medan.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis kualitatif yang dimaksudkan untuk dapat menghasilkan sejumlah deskripsi tentang apa yang ditulis dan yang diungkapkan. Subjek dalam penelitian ini adalah: Buku pelajaran IPS kelas IV yaitu buku IPS yang digunakan oleh siswa kelas IV di SD Swasta AN-NIZAM Medan, Kurikulum yaitu kurikulum yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan dan KTSP yang disusun oleh sekolah, Guru IPS kelas IV yaitu guru yang mengajar IPS di kelas IV, Siswa kelas IV SD Swasta AN-NIZAM Medan. Ada 3 (tiga) teknik pengumpulan data yaitu: observasi/pengamatan secara langsung. kajian dokumen berupa laporan/tulisan/foto-foto dan angket/kuisioner yang diberikan kepada siswa kelas IV.Hasil yang didapat dalam penelitian ini yaitu: (1) Tidak terdapat kesesuaian Standar Kompetensi materi pelajaran IPS dalam KTSP yang dibuat ()Leh sekolah dengan mated pelajaran IPS Kelas IV dalam buku yang digunakan siswa di SD Swasta AN¬NIZAM Medan. (2) Dan observasi/pengamatan, kajian dokumen, angket, setelah dianalisis menunjukkan pencapaian Standar Kompetensi materi pelajaran IPS siswa kelas IV di SD Swasta AN-NIZAM telah tercapai dengan balk. Dad hasil penelitian ini dapat disarankan (1) Kepala Sekolah dan Guru diharapkan aktif dalam menyeleksi buku pelajaran yang akan digunakan oleh siswa. (2) Guru bidang studi IPS diharapkan hendaknya memberikan mated pelajaran yang sesuai dengan isi/lcontelcs yang disesuaikan dengan KTSP. (3) Guru hendaknya membuat suplemen buku pelengkap dari buku yang digunakan oleh siswa yang berasal dari penerbit. (4) Guru IPS untuk dapat bekerja sama dengan guru IPS dad SD lain yang ada di Kecamatan Medan Denai dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.19 Zul p
Uncontrolled Keywords: Penelitian;Kurikulum;Kompetensi;Pelajaran;Konseptual;Data
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 13 Jun 2016 06:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2801

Actions (login required)

View Item
View Item