PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK KIMIA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA KELAS XI PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR

Lubis, Afnarianti Arnas (2010) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK KIMIA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA KELAS XI PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 081188410005 akata pengantar.pdf]
Preview
Text
081188410005 akata pengantar.pdf - Published Version

Download (450kB) | Preview
[thumbnail of 081188410005 abstrak.pdf]
Preview
Text
081188410005 abstrak.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of 081188410005 bab I.pdf]
Preview
Text
081188410005 bab I.pdf - Published Version

Download (446kB) | Preview
[thumbnail of 081188410005 bab V.pdf]
Preview
Text
081188410005 bab V.pdf - Published Version

Download (370kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan motivasi belajar kimia diantara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media komik disbanding dengan siswa yang dibelajarkan tanpa menggunakan media komik kimia, (2) Perbedaan basil belajar kimia diantara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media komik kimia dan siswa yang dibelajarkan tanpa menggunakan media komik kimia.Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN Kisaran yang terdiri dan 4 kelas. Teknik penal-Ilan sampel dilakukan dengan teknik acak dan diambil 2 kelas dengan 2 (dua) kelompok perlakuan yaitu dengan media komik kimia dan tanpa media komik.lnstrumen pengumpulan data digunakan tes basil belajar berbentuk pilihan ganda sebanyak 35 butir soal (r, i=0,57), serta instrumen data motivasi siswa digunakan angket tertutup dengan skala 1 sampai 4 sebanyak 30 butir. Metode penelitian ini bersifat quasi eksperiment dengan desain factorial 2 x 2. Teknik analisa data menggunakan uji-T dengan taraf signifikansi a = 0,05.Temuan penelitian menunjukkan bahwa : (1) motivasi belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media komik (X .100,90 ±1,380 ) lebih tinggi dari pada siswa yang dibelajarkan tanpa menggunakan media komik(X = 89,47 ± 2,160) dengan = 3,935; P= 0,000, (2) hasil belajar kimiasiswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media komik (X = 82,90 ± 3,898 ) lebih tinggi dan pada siswa yang dibelajarkan tanpa menggunakan media komik

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 540.071 Lub p
Keywords: Belajar;Pembelajaran;Motivasi;Media Programs educations;Media;Atom;Periodik;Komik;Sistem;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 25 Apr 2016 05:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2798

Actions (login required)

View Item
View Item