PERLINDUNGAN EKSPRESI BUDAYA TRADISIONAL DI INDONESIA

Perangin-angin, Reh Bungana (2017) PERLINDUNGAN EKSPRESI BUDAYA TRADISIONAL DI INDONESIA. In: Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017, 17 May 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Artikel ini membahas ekspresi budaya tradisional yang
dimiliki oleh masyarakat adat. Perlindungan dan pelestarian ekspresi budaya tradisional sangat penting untuk ada masyarakat adat. Sebenarnya, dalam konteks internasional dan nasional, perlindungan ekspresi budaya tradisional telah diakui. Di Indonesia, ekspresi budaya tradisional diabadikan oleh Undang-undang Nomor 6 Tahun 1982 tentang Hak Cipta. Hukum meletakkan bahwa budaya tradisional sebagai warisan tradisional yang harus dilindungi dan dilestarikan oleh negara. Sekarang, Indonesia memiliki Undang-Undang Nomor baru 28 tahun 2014 tentang Hak Cipta yang jelas explaines istilah ekspresi budaya tradisional. Namun, ekspresi budaya tradisional telah dilihat sebagai bagian dari hak cipta yang sementara dibatasi oleh waktu. Sementara itu, ekspresi budaya tradisional harus abadi. Artikel ini mengusulkan bahwa ekspresi budaya tradisional di Indonesia perlu diberikan ruang lebih di yang ada dan melindungi masyarakat adat di Indonesia. Oleh karena itu, undang-undang baru yang secara khusus mengatur ekspresi budaya tradisional diperlukan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Hak cipta; Warisan tradisional; Ekspresi budaya tradisional
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN301 Ethnology. Social and cultural anthropology
G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN357 Culture and cultural processes
K Law > K Law (General) > K520 Comparative law. International uniform law > K1401 Intellectual property > K1411 Copyright
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 18 Dec 2017 09:54
Last Modified: 18 Dec 2017 09:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27922

Actions (login required)

View Item
View Item