DAMPAK BINDER PADA TINGKAT KONTAMINASI LOGAM BERAT DARI LIMBAH HASIL PEKERJAAN PENGERUKAN SEDIMEN PELABUHAN

Silitonga, Ernesto Maringan and Sebayang, Nono and Siregar, Syafiatun and Taufik, Rahmat (2015) DAMPAK BINDER PADA TINGKAT KONTAMINASI LOGAM BERAT DARI LIMBAH HASIL PEKERJAAN PENGERUKAN SEDIMEN PELABUHAN. In: Seminar Nasional dan Pameran Konstruksi Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia Komda Sumut 2015, 5-6 Jun 2015, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (700kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini direalisasikan dalam upaya mendapatkan hasil yang lebih memuaskan dan mewakili kondisi lapangan sebenarnya. Tujuan utama dari penelitian ini adalah, menemukan jenis bahan pengikat dan formulasi campuran yang tepat dan sesuai sehingga pendayagunaan sedimen dari hasil pekerjaan pengerukan dapat dilaksanakan dengan memenuhi syarat yang diperlukan. Penelitian ini direalisasikan dengan tujuan utama untuk mengidentifikasi efek positif dari binder yang akan digunakan dalam upaya untuk meningkatkan performa sampel dalam mengurangi kadar polusi dari sedimen. Dalam upaya menemukan jenis, formulasi yang tepat dari binder yang akan digunakan tentunya harus mempertimbangkan dari sisi ekonomis, sehingga reutulisasi sedimen hasil pengerukan ini tidak hanya bertujuan menjaga lingkungan akan tetapi juga menguntungkan secara ekonomi, sehingga proses ini 'sustainable'. Binder yang akan digunakan sebagai bahan pengikat adalah beberapa material seperti abu terbang, material ini merupakan salah satu limbah yang cukup mengkhawatirkan melihat jumlah material ini yang semakin meningkat setiap tahunnya. Hasil percobaan TCLP memperlihatkan adanya efek positif dari penambahan binder terhadap tingkat kontaminasi logam berat dari sedimen hasil pekerjaan pengerukan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Sedimen hasil pengerukan; Logam berat; Tingkat kontaminasi
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA401 Materials of engineering and construction. Mechanics of materials
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD1020 Hazardous substances and their disposal
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD1020 Hazardous substances and their disposal
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD783 Municipal refuse. Solid wastes
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD783 Municipal refuse. Solid wastes
Divisions: Fakultas Teknik > D3 Teknik Sipil
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 06 Dec 2017 08:32
Last Modified: 06 Dec 2017 08:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27660

Actions (login required)

View Item
View Item