REUTULISASI SEDIMEN HASIL PEKERJAAN PENGERUKAN SEBAGAI MATERIAL BARU DALAM PEKERJAAN PEMBANGUNAN JALAN

Silitonga, Ernesto Maringan and Siregar, Syafiatun and Sebayang, Nono and Taufik, Rahmat (2014) REUTULISASI SEDIMEN HASIL PEKERJAAN PENGERUKAN SEBAGAI MATERIAL BARU DALAM PEKERJAAN PEMBANGUNAN JALAN. In: Seminar Nasional HAKI : Indonesia Siaga Gempa 2014, 30-31 May 2014, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (927kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini direalisasikan dengan tujuan untuk mengumpulkan data sedimen hasil pekerjaan pengerukan yang merupakan salah satu langkah yang diperlukan untuk mencegah pembuangan sedimen hasil pekerjaan pengerukan ke tengah laut seperti yang telah dilakukan selama ini. Sedimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah sedimen Pelabuhan Belawan, Sumatera Utara. Tahap awal yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan mengidentifikasi karakteristik fisik dan kimia dari sedimen hasil pekerjaan pengerukan yang kemudian dilanjutkan dengan mengidentifikasi kadar polusi yang terkandung dari bahan penelitian. Tahap berikutnya yang direalisasikan adalah menganalisa reaksi yang dimunculkan dari bahan penelitian apabila sedimen dicampur dengan bahan pengikat umum (semen, kapur). Hasil TCLP, memperlihatkan beragam tingkat polusi dari sedimen, tingkat polusi tergantung pada lokasi dimana sedimen tersebut dikeruk, sedimen Pelabuhan Belawan dapat dikategorikan sebagai limbah berbahaya dengan kadar Copper (Cu) dan Cadmium (Cd) yang tinggi. Penggunaan bahan pengikat (semen dan kapur) dalam campuran menunjukkan berbagai ragam peningkatan performa dari sedimen, hasil penelitian menunjukkan bahwa kadar polusi berpengaruh negatif terhadap peningkatan performa yang dihasilkan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Karakteristik mekanik; Karakteristik kimia; Sedimen hasil pengerukan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA401 Materials of engineering and construction. Mechanics of materials
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD1020 Hazardous substances and their disposal
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD1020 Hazardous substances and their disposal
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD783 Municipal refuse. Solid wastes
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD783 Municipal refuse. Solid wastes
Divisions: Fakultas Teknik > D3 Teknik Sipil
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 06 Dec 2017 08:21
Last Modified: 06 Dec 2017 08:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27659

Actions (login required)

View Item
View Item