MENINGKATKAN SIKAP SEMANGAT NASIONALISME KEPADA ANAK- ANAK USIA DINI DENGAN CARA MENGAJARKAN PERMAINAN TRADISIONAL DI ERA GLOBALISASI

Utari, (2017) MENINGKATKAN SIKAP SEMANGAT NASIONALISME KEPADA ANAK- ANAK USIA DINI DENGAN CARA MENGAJARKAN PERMAINAN TRADISIONAL DI ERA GLOBALISASI. In: Seminar Nasional Tahunan Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 20 Oct 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://semnastafis.unimed.ac.id/wp-content/uploads...

Abstract

Sikap nasionalisme adalah suatu sikap kesetiaan terhadap bangsa. Rasa cinta terhadap negara dapat ditunjukkan dengan berbagai cara. Di era globalisasi sekarang sikap nasionalisme pun mulai berkurang dengan masuknya budaya asing ke negara kita. Daripada itu kita sebagai seorang guru harus bisa menumbuhkan rasa nasionalisme kepada anak-anak di usia dini dengan menggunakan cara yang menarik seperti mengenalkan permainan tradisional. Dengan mengenalkan permainan tradisional banyak mengandung banyak manfaat yang dapat membuat anak didik kita berinteraksi dengan baik di lingkungannya karena permaianan tradisional lebih menekankan sikap kerja sama dan sikap tanggung jawab dengan tugas yang diberikan. Berbeda dengan permainan di era globalisasi sekarang yang membuat anak-anak asyik dengan dirinya sendiri tanpa memperhatian lingkungan sekitar mereka. Dengan mereka akan lupa dengan sikap nasionalisme itu sendiri. Maka dari pada itu kita harus meningkatkan sikap nasionalisme mereka sejak usia dini agar timbul rasa cinta air dan budaya yang dimiliki oleh bangsa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Nasionalisme; Anak usia dini; Permainan tradisional; Era globalisasi; Sikap; Rasa cinta; Tanah air
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ767 Children. Child development
J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JC Political theory > JC311 Nationalism. Nation state
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 25 Nov 2017 04:01
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27462

Actions (login required)

View Item View Item