MEMBANGUN WAWASAN GLOBAL WARGA NEGARA YANG BERKARAKTER PANCASILA PADA ANAK SEJAK USIA DINI

Epita YK, Rani (2017) MEMBANGUN WAWASAN GLOBAL WARGA NEGARA YANG BERKARAKTER PANCASILA PADA ANAK SEJAK USIA DINI. In: Seminar Nasional Tahunan Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 20 Oct 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana membangun wawasan global warga negara yang berlandaskan nilai-nilai pancasila sebagai karakter bangsa Indonesia pada anak sejak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode grounded theory. Sumber data terdiri dari sumber kepustakaan dan responden yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pancasila sebagai karakter bangsa Indonesia harus dijadikan sebagai landasan dalam pengembangan wawasan global warga negara yang mulai diperkenalkan dan ditanamkan pada anak sejak usia dini melalui pendidikan yang disekolah. Pancasila sebagai landasan dalam pengembangan wawasan global pada warga negara membawa implikasi bahwa warga negara terutama anak usia dini yang ada disekolah tidak hanya menjadikan nilai-nilai pancasila sebagai slogan, melainkan harus diterapkan dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Wawasan global; Pancasila; Warga negara; Karakter; Anak usia dini
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education
L Education > LC Special aspects of education > LC1090 Political education
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 24 Nov 2017 10:10
Last Modified: 24 Nov 2017 10:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27456

Actions (login required)

View Item
View Item