PERBANDINGAN SISTEM PENDIDIKAN DI INDONESIA DENGAN JEPANG : ILMU SOSIAL SEBAGAI PEMBANGUN KARAKTER BERKEBANGSAAN

Sari, Septi Devita (2017) PERBANDINGAN SISTEM PENDIDIKAN DI INDONESIA DENGAN JEPANG : ILMU SOSIAL SEBAGAI PEMBANGUN KARAKTER BERKEBANGSAAN. In: Seminar Nasional Tahunan Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 20 Oct 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Setiap negara memiliki desain pendidikan yang sedemikian rupa dibentuk dengan kekhasan tersendiri didalamnya. Masing-masing memiliki poin penekanan yang berbeda, termasuk negara Jepang. Jepang adalah negara yang masyarakatnya terkenal ulet, pekerja keras, gigih dan memiliki rasa solidaritas yang tinggi dalam kelompok. Di negara Jepang, tiga tahun pertama pada tahap pendidikan dasar, siswa tidak dibebankan kepada hafalan dan hitungan
matematis yang berat. Pada tahap ini, Jepang menekankan
pada kreativitas, kearifan lokal dan penguatan karakter pada anak. Tujuannya agar mereka dapat tumbuh bukan sebagai kelompok individualis, namun unggul secara berkelompok dalam tim yang solid. Mengevaluasi kembali
poin penekanan mengenai sikap sosial dalam sistem pendidikan di Indonesia dan membandingkannya dengan negara Jepang sebagai tolak ukur. Dengan harapan dapat menjadi acuan perbaikan dalam penanaman ilmu-ilmu sosial dan kebangsaan di Indonesia. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, dimana pengumpulan data dilakukan dengan studi literatur dari beberapa jurnal dan artikel terkait. Kemudian dirangkai menjadi sebuah tulisan ilmiah yang harapannya dapat menambah wawasan para pembaca. Melalui analisis perbandingan sistem pendidikan ini, khususnya dalam ilmu sosial berwawasan kebangsaan, semoga dapat membuka jendela baru untuk generasi muda dalam berkontribusi memunculkan solusi baru yang nantinya mewarnai sistem pendidikan di Indonesia
menjadi lebih baik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Sistem pendidikan; Pendidikan sosial; Karakter; Kebangsaan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 24 Nov 2017 09:33
Last Modified: 24 Nov 2017 10:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27455

Actions (login required)

View Item
View Item