PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN OTENTIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT(TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Hutagaol, Jibang P. (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN OTENTIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT(TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.NIM 8126171013 COVER.pdf]
Preview
Text
1.NIM 8126171013 COVER.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 2.NIM 8126171013 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2.NIM 8126171013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of 3.NIM 8126171013 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3.NIM 8126171013 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of 4.NIM 8126171013 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4.NIM 8126171013 PREFACE.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 5.NIM 8126171013 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5.NIM 8126171013 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of 6.NIM 8126171013 TABLE.pdf]
Preview
Text
6.NIM 8126171013 TABLE.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 7.NIM 8126171013 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7.NIM 8126171013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 8.NIM 8126171013 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8.NIM 8126171013 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 12.NIM 8126171013 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12.NIM 8126171013 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of 13.NIM 8126171013 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13.NIM 8126171013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menelaah: (1) Untuk mengetahui apakah produk pengembangan perangkat pembelajaran dan penilaian otentik dengan menerapkan pembelajaran kooperatif Tipe TGT pada materi pokok kaidah pencacahan layak digunakan sebagai perencanaan bagi guru untuk mencapai suatu pembelajaran yang valid dan efektif, (2) Untuk mengetahui tingkat kemampuan komunikasi siswa yang belajar dengan perangkat pembelajaran dan penilaian otentik yang sudah dikembangkan, (3) Untuk mengetahui kadar aktivitas siswa selama proses pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran dan penilaian otentik yang sudah dikembangkan, (4) Untuk mengetahui kemampuan guru mengelola pembelajaran model TGT dengan daya dukung perangkat pembelajaran dan penilaian otentik yag sudah dikembangkan, (5) Untuk mengetahui respon siswa terhadap komponen dan proses pembelajaran kooperatif tipe TGT dan (6) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa antara siswa yang diberi model pembelajaran kooperatif Tipe TGT (pengembangan) dengan siswa yang diberi pembelajaran biasa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dan ekperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Swasta Brigjend Katamso 1 Medan. Kemudian secara acak dipilih dua kelas sebagai kelas uji coba pengembangan. Uji coba pengembangan dilakukan sebanyak dua kali untuk mendapatkan perangkat pembelajaran yang efektif. Perangkat pembelajaran yang sudah dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid dan efektif. Kemudian dipilih dua kelas uji coba yaitu kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran kooperatif tipe TGT dan kelas kontrol dengan pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan komunikasi matematis. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas sebesar 0,87 dan 0,89 berturut-turut untuk kemampuan komunikasi matematis. Analisis data dilakukan dengan uji statistik uji-t. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu: (1) perangkat pembelajaran dan penilaian otentik yang dikembangan sudah memenihi kriteria valid dan efektif, (2) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran TGT (pengembangan) lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa . Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menyarankan: pembelajaran kooperatif tipe TGT pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk menerapkan pembelajaran matematika yang variatif dan inovatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 Hut p
Uncontrolled Keywords: Temas games tournament; komunikasi matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 01 Nov 2017 09:48
Last Modified: 01 Nov 2017 04:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26945

Actions (login required)

View Item
View Item