PENGARUH GAYA PERILAKU DOSEN PEMBIMBING DAN KEMAMPUAN AKADEMIK MAHASISWA TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SKRIPSI (STUDI KASUS DI JURUSAN MATEMATIKA FMIPA UNIMED)

Banjarnahor, Humuntal (2017) PENGARUH GAYA PERILAKU DOSEN PEMBIMBING DAN KEMAMPUAN AKADEMIK MAHASISWA TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SKRIPSI (STUDI KASUS DI JURUSAN MATEMATIKA FMIPA UNIMED). In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[thumbnail of Reviewer.pdf]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (358kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitan adalah untuk menyelidiki pengaruh gaya kepemimpinan dosen pembimbing dan kemampuan akademik mahasiswa terhadap kepuasan mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi. Sampel penelitian adalah 180 orang mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA Unimed yang sedang menyelesaikan skripsi.Teknik pengumpulan data adalah kuesioner melalaui angket gaya kepemimpinan dosen pembimbing dan kepuasan kerja mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi. Analisis data menggunakn Analisis Varians (Anava) klasifikasi ganda. Gaya perilaku dosen pembimbing didasarkan pada teori path goal model, yaitu gaya direktif, supportif, partisipatif, dan gaya orientasi prestasi. Tingkat kemampuan akademik diukur berdasarkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang diklasifikasi atas IPK > 3,00 dan IPK ≤ 3,00.
Hasil pengujian hipotesis 1, didapat Fhitung = 8,19 dan F0,05(1;139) = 3,92. Ternyata Fhitung> Ft sehingga disimpulkan bahwa tingkat kemampuan akademik mahasiswa berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja mahasiswadalam menyelesaikan skripsi. Hipotesis 2, didapat Fhitung = 12,04 sedangkan F0,05(3;139) = 2,68. Sehingga disimpulkan bahwa gaya perilaku dosen pembimbing skripsi mempengaruhi kepuasan kerja mahasiswa utuk menyelesaikan skripsi. Hipotesis 3, didapat Fhitung = 4,48 dan ternyata Fhitung> F0,05(3:139) = 3,92; sehingga disimpulkan bahwa gaya perilaku dosen pembimbing dan tingkat kemampuan akademik berinteraksi secara signifikan mempengaruhi kepuasan kerja mahasiswa pada saat menyelesaikan skripsi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Gaya perilaku; Dosen pembimbing; Kepuasan kerja; Prestasi akademik; Tugas akhir; Mahasiswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Oct 2017 03:46
Last Modified: 23 Apr 2020 09:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26929

Actions (login required)

View Item
View Item