APLIKASI PROGRAM WINGEOM PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK

Amalia, Rizki (2017) APLIKASI PROGRAM WINGEOM PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (525kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat berpengaruh dalam kehidupan termasuk dalam dunia pendidikan. Dalam bidang Pendidikan Matematika, perkembangan teknologi ini memungkinkan untuk melakukan inovasi dalam pembelajaran Matematika dengan bantuan komputer. Prisma dan Limas merupakan salah satu Pokok Bahasan yang membutuhkan kemampuan visualisasi siswa yang relatif tinggi. Pada pokok bahasan inilah seorang guru biasanya mengalami kesulitan untuk menjelaskannya pada siswa. Hal tersebut dikarenakan, tidak semua siswa dapat dengan mudah menvisualisasikan bangun ruang prisma dan limas. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan dalam mengajarkan materi prisma dan limas adalah program Wingeom. Program Wingeom merupakan salah satu perangkat lunak komputer matematika dinamik untuk topik geometri. Program ini dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran matematika untuk mendemonstrasikan atau menvisualisasikan konsep-konsep matematika yang berhubungan dengan geometri.
Tujuan penulisan artikel kajian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaplikasian program Wingeom pada materi prisma dan limas berbasis pendekatan saintifik. Metode yang digunakan merupakan metode deskriptif dengan studi yang mengaitkan kajian dari berbagai literatur. Pada akhirnya, diharapkan kajian ini dapat dimanfaatkan dalam pengembangan pembelajaran prisma dan limas khususnya dan geometri pada umumnya.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Wingeom; Prisma; Limas; Pendekatan saintifik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Oct 2017 03:18
Last Modified: 31 Oct 2017 03:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26925

Actions (login required)

View Item
View Item