Kafrawi, (2017) PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN AKTIVITAS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG DI SMP KECAMATAN SUSOH ACEH BARAT DAYA. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version Download (0B) |
|
Text
Fulltext.pdf - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version Download (0B) |
|
Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version Download (0B) |
Abstract
Tujuan utama penelitian ini untuk mengetahui Perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa antara yang menerapkan pembelajaran kontekstual dan pembelajaran langsung. Selanjutnya penelitian ini juga mendeskripsikan tentang: Bagaimana aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran kontekstual. Jenis penelitian ini tergolong dalam penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Tunas Nusa dan SMP Negeri 1 Susoh, masing-masing terdiri dari 2 kelas eksperimen dan 2 kelas kontrol yang dipilih secara acak. Pada kelas eksperimen menerapkan pembelajaran kontekstual dan pada kelas kontrol menerapkan pembelajaran langsung.Untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan statistik uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui pembelajaran kontekstual lebih tinggi daripada pembelajaran langsung. Perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis yang tertinggi pada aspek ekspresi matematika.(2) Aktivitas belajar siswa yang memperoleh pembelajaran CTL berada pada kategori baik.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran kontekstual; Pembelajaran langsung; Komunikasi matematis; Model pembelajaran; Kemampuan siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 30 Oct 2017 05:35 |
URI: | http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26920 |
Actions (login required)
View Item |