PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK SISWA KELAS VII SMP BUDI MULIA MEDAN

Ramadhani, Nurrul (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK SISWA KELAS VII SMP BUDI MULIA MEDAN. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran Matematika untuk SMP kelas VII semester genap dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran yang terdiri atas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dan instrumen penilaian hasil belajar siswa yang valid, praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Four-D yang meliputi empat tahapan yaitu: (1) pendefinisian, (2) perancangan, (3) pengembangan dan (4) penyebaran. Tidak semua produk dilakukan uji pengembangan. Uji pengembangan produk hanya dilakukan pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu vaiabel. Hasil penelitian memenuhi kriteria valid berdasarkan persentase penilaian ahli mencapai 100%. Hasil penelitian memenuhi kriteria sangat praktis berdasarkan penilaian guru dan mencapai kriteria praktis berdasarkan hasil penelitian keterlaksanaan pembelajaran dan penilaian siswa yang termasuk dalam kategori sangat baik, serta berdasarkan hasil penelitian keterlaksaan pembelajaran. Hasil penelitian memenuhi kriteria efektif berdasarkan ketuntasan hasil belajar siswa pada kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. Persentase siswa yang mencapai KKM untuk kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan melebihi 75%. Dengan demikian dalam penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran Matematika menggunakan Pendekatan Saintifik dapat menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Matematika; Pendekatan saintifik; Perangkat pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 30 Oct 2017 04:29
Last Modified: 30 Oct 2017 04:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26908

Actions (login required)

View Item
View Item