PENGARUH MEDIA Rubu’ Al-Mujayyab TERHADAP KEMAMPUAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Hidayat, Muhammad (2017) PENGARUH MEDIA Rubu’ Al-Mujayyab TERHADAP KEMAMPUAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (561kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika di sekolah dapat efektif dan bermakna bagi siswa jika proses pembelajarannya memperhatikan konteks siswa. Pembelajaran matematika selama ini dikenal sebagai pembelajaran yang membosankan dan sulit. Cara penyajian matematika selama ini terlalu abstrak, kurang aplikatif dengan serangkaian prosedur teknis tanpa makna. Sehingga akibatnya kemampuan siswa memecahkan masalah (soal) matematika sangat rendah1 untuk mengatasi hal tersebut dewasa ini penggunaan media dalam proses belajar mengajar terus dipopulerkan sebagai bagian dari evolusi metode pengajaran di sekolah oleh sebab itu penulis meneliti sebuah media Rubu’ Al-Mujayyab yang akan diterapkan dalam pembelajaran matematika.
Media Rubu’ Al-Mujayyab atau “Kuadran Sinus” adalah alat hitung astronomis untuk memecahkan permaslahan segitiga bola dalam astronomi2 dan yang menjadi tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan belajar matematika dengan menggunakan media Rubu’ Al-Mujayyab ? dalam penelitian ini akan dijelaskan nantinya penenerapan media Rubu’ Al-Mujayyab terhadap pembelajaran matematika.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dan memiliki beberapa tahap yang merupakan suatu siklus. Agar permasalahan tidak terlalu luas, maka peneliti membatasi penelitiannya pada pelajaran matematika materi kesebangunan dengan menggunakan media Rubu’ Al-Mujayyab pada siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 48 Medan T.P 2015/2016.
Hasil penelitian ini menunjukkan dengan menggunakan media Rubu’ Al-Mujayyab kemampuan belajar matematika siswa meningkat, hal ini dapat ditunjukkan dengan peningkatan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 54% pada siklus I meningkat menjadi 70% Pada siklus II kemudian pada siklus III meningkat menjadi 87% Karena tingkat ketuntasan secara klasikal yaitu 75% Sudah terpenuhi, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media Rubu’ Al-Mujayyab dapat meningkatkan kemampuan belajar matematika siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 48 Medan T.P 2015/2016.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Media pembelajaran; Kemampuan siswa; Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 30 Oct 2017 03:56
Last Modified: 30 Oct 2017 03:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26901

Actions (login required)

View Item
View Item