MENINGKATKANKEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAHMATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) DI KELAS XI AK2 SMKNEGERI 1 PANYABUNGANT.A 2016/2017

Mariani (2017) MENINGKATKANKEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAHMATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) DI KELAS XI AK2 SMKNEGERI 1 PANYABUNGANT.A 2016/2017. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Meningkatkan kemampuan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kels XI Ak 2 SMK N1 Panyabungan dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi fungsi linier dengan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) yang ditinjau dari aspek polya, (2) Untuk melihat bagaimana model pembelajaran berbasis masalah (PBM) mengatasi kesulitan siswa dalam dalam menyelesaikan soal cerita pada materi fungsi linier di kelas XI Ak 2 SMK N 1 Panyabungan yang ditinjau aspek polya. (3) Untuk mengetahui apakah model pembelajaran Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dapat mencapai standar ketuntasan minimum dalam menyelesaikan soal cerita matematika siswa pada poko bahasan fungsi linier yang ditinjau aspek polya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Ak 2 SMK N1 Panyabungan T.A 2016/2017 yang berjumlah 30 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) pada materi fungsi linier. Penelitian terdiri dari 2 siklus dan tes diberikan pada setiap akhir pertemuan. Dari hasil analisis data diperoleh hasil: (1) rata-rata nilai tes kemampuan pemecahan masalah siswa pada siklus I sebesar 73,77 dengan 43,33% dari jumlah siswa yang mengikuti tes kemudian rata-rata meningkat pada siklus II sebesar 83,55 dengan 83,33% dari jumlah siswa yang mengikuti tes dalam hal ini termasuk dalam kategori baik, Berdasarkan hasil pada siklus II dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika matematika siswa kelas XI Ak 2 SMK N1 Panyabungan T.A 2016/2017.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Matematika; Pembelajaran berbasis masalah; Soal cerita; Kemampuan siswa; Pemecahan masalah; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 26 Oct 2017 08:14
Last Modified: 26 Oct 2017 08:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26824

Actions (login required)

View Item
View Item