POLA PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU DI SMA RK BUDI MULIA PEMATANG SIANTAR

Sirait, Rohirma (2009) POLA PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU DI SMA RK BUDI MULIA PEMATANG SIANTAR. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 061188130023 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
061188130023 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (585kB) | Preview
[thumbnail of 061188130023 Abstrak.pdf]
Preview
Text
061188130023 Abstrak.pdf - Published Version

Download (415kB) | Preview
[thumbnail of 061188130023 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
061188130023 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (534kB) | Preview
[thumbnail of 061188130023 Bab I.pdf]
Preview
Text
061188130023 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 061188130023 Bab V.pdf]
Preview
Text
061188130023 Bab V.pdf - Published Version

Download (862kB) | Preview
[thumbnail of 061188130023 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
061188130023 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (466kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkapkan Pola Pengembangan Profesionalisme Guru SMA Budi Mulia Pematangsiantar meliputi, (1) pelaksanaan tugas profesi guru sebagai pendidik, (2) pelaksanaan tugas profesi guru sebagai pengajar, (3) pelaksanaan tugas profesi guru sebagai pelatih, dan (4) pola pengembangan profesionalisme guru di SMA Budi Mulia Pematangsiantar.Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis deskriptif kualitatif. Pengumpulan data diperoleh melalui: wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Enforman penelitian adalah: kepala sekolah, guru, siswa, dan alumni SMA Budi Mulia Pematangsiantar. Analisa data dengan menggunakan analisis data kualitatif dengan menggunakan teknis analisis induktif.Berikut ini merupakan deskripsi dari hasil penelitian. Guru SMA Budi Mulia Pematangsiantar telah melakukan: perform, tugas profesi mendidik dalam kelas maupun di luar kelas, dengan memotivasi, menghargai, dan memberikan otonomi kepada siswa untuk merencanakan kegiatannya. Kedua, profesi mengajar menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, mengkondisikan siswa belajar aktif. Menyampaikan materi pembelajaran dengan merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran yang mendidik, dan menilai proses dan basil belajar. Ketiga, profesi melatih yaitu mendorong siswa untuk mau meningkatkan prestasinya, melatih siswa berbuat sesuai tuntutan kompetensi. Keempat, pola pengembangan profesionalisme guru yang dilakukan yaitu: pembinaan dan pengembangan internal yang dilakukan kepala sekolah, pembinaan dan pengembangan ekternal dengan program pelatihan, pengembangan yang dilakukan guru itu sendiri dan pemberian gaji, insentif dan kesejahteraan yang layak.Kesimpulan penelitian bahwa: SMA Budi Mulia Pematangsiantar konsisten menjadikan visi dan misi sekolah membentuk siswa Budi Mulia seutuhnya, bermutu secara kognitif, afektif, dan psikomotorik sehingga setiap guru dibina mengembangkan profesionalisme dengan acuan yang mantap untuk setiap pribadi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Mendidik; Mengajar; Profesionalisme guru; Profesi melatih
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 16 May 2016 05:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2662

Actions (login required)

View Item
View Item