PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA

Nopianty, Eka Rezki and Munthe, Afrodita (2017) PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi segi empat di kelas VII MTs Amda Percut Sei Tuan T.A 2014/2015. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 MTs Amda Percut Sei Tuan yang berjumlah 36 orang siswa dan objek penelitian ini adalah penerapan pembelajaran matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa MTs Amda Percut Sei Tuan T.A 2014/2015. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebelum memberikan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes awal dan setiap akhir siklus diberikan tes kemampuan pemecahan masalah. Kemampuan pemecahan masalah mengalami peningkatan. Hal ini dilihat dari peningkatan rata-rata pemecahan masalah matematika siswa dari tes awal, siklus I, dan siklus II, yakni dari 44,86 (44,86%) dengan tingkat kemampuan sangat rendah di tes awal menjadi 70,65 (70,65%) dengan tingkat kemampuan sedang di siklus I dan menjadi 82,41 (82,41%) dengan tingkat kemampuan tinggi di siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi segi empat di kelas VII MTs Amda Percut Sei Tuan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Matematika realistik; Pemecahan masalah; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 12 Sep 2017 09:35
Last Modified: 12 Sep 2017 09:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26376

Actions (login required)

View Item
View Item