MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP ANGKA MELALUI PERMAINAN KALENDER DI RAUDHATUL ATHFAL MAJELIS TA’LIM TILAWAH QUR’AN DESA SAMPE CITA KECAMATAN KUTALIMBARU T.P 2016-2017

Sitepu, Hestika Dewi (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP ANGKA MELALUI PERMAINAN KALENDER DI RAUDHATUL ATHFAL MAJELIS TA’LIM TILAWAH QUR’AN DESA SAMPE CITA KECAMATAN KUTALIMBARU T.P 2016-2017. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari sebenarnya matematika sering digunakan baik itu disadari atau tidak. Berdasarkan hal itu sangat penting untuk mengenalkan matematika kepada anak sejak usia dini. Terlebih mengenalkan konsep angka, karena angka telah menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari, sehingga sangat tepat untuk mengenalkan konsep angka atau matematika dasar kepada anak. Pengenalan konsep angka sebaiknya dilakukan melalui penggunaan benda-benda konkrit. Namun, perlu diperhatikan bahwa membelajarkan matematika kepada anak usia dini tentu berbeda dengan orang dewasa baik itu mengenai metode maupun kontennya. Penelitian ini dilaksanakan di kelompok B RA Majelis Ta’lim Tilawah Qur’an Desa Sampe Cita Kecamatan Kutalimbaru. Temuan hasil penelitian yaitu sebagai upaya yang dilakukan guru pengajar dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep angka melalui permainan kalender diantaranya melakukan ceramah atau penjelasan teori tentang konsep angka, memberikan praktek langsung kepada siswa untuk menyebutkan bilangan melalui permainan kalender dan membilang angka dengan benda-benda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal konsep angka anak dari usia 5-6 tahun melalui penerapan permainan kalender pada siswa RA Majelis Ta’lim Tilawah Qur’an Desa Sampe Cita. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Objek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di RA Majelis Ta’lim Tilawah Qur’an Desa Sampe Cita. Subjek penelitian adalah anak kelas B yang berjumlah 26 orang.
Proses penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi pada setiap siklus.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan mengenal; Konsep angka; Permainan kalender
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 12 Sep 2017 03:21
Last Modified: 12 Sep 2017 03:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26300

Actions (login required)

View Item
View Item