KAJIAN RESPON IMUNITAS HUMORAL TIKUS PUTIH (Rattus norvegicus L.) DENGAN MENGGUNAKAN EKSTRAK ETANOL DAUN BUAS-BUAS (Premna pubescens Blume)

Restuati, Martina and Ilyas, Syafruddin and Hutahean, Salomo and Sipahutar, Herbert (2014) KAJIAN RESPON IMUNITAS HUMORAL TIKUS PUTIH (Rattus norvegicus L.) DENGAN MENGGUNAKAN EKSTRAK ETANOL DAUN BUAS-BUAS (Premna pubescens Blume). In: Seminar Nasional Biologi, 15 Feb 2014, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Reviewer.pdf]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (354kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh ekstrak etanol daun Premna pubescens pada imunitas humoral dan berat badan tikus (Rattus norvegicus L.). Tikus putih yang digunakan sebanyak 24 ekor dan dibagi menjadi 4 kelompok dengan masing-masing 6 kali pengulangan. Perlakuan A0 sebagai kontrol dengan pemberian aquadest, A1 dengan pemberian ekstrak etanol daun Premna pubescens, A2 dengan pemberian ekstrak etanol daun Premna pubescens dan sel darah merah domba/ Sheep Red Blood Cells (SRBC), dan A3 dengan pemberian SRBC saja. Tikus Wistar yang digunakan berumur 3 bulan dengan berat badan 100-300 gram. Pengukuran titer antibodi tikus menggunakan metode hemaglutinasi. Hasil penelitian dianalisis dengan ANOVA dan menunjukkan bahwa titer antibodi di A2 meningkat secara signifikan, dimana thitung (65,78) > ttabel (4,94). Hal ini menunjukkan bahwa ekstrak etanol daun Premna pubescens berpengaruh terhadap kekebalan humoral tikus putih yang diberi SRBC. Pada hasil analisis berat badan diketahui bahwa thitung 0,23 < ttabel 3,10. Hal ini menunjukkan bahwa ekstrak etanol daun Premna pubescens tidak mempengaruhi berat tubuh tikus putih.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Hemaglutinasi; Titer antibodi; Daun buas-buas; Etanol; Tikus putih; Imunitas humoral
Subjects: Q Science > QK Botany
Q Science > QL Zoology
Q Science > QP Physiology
Q Science > QR Microbiology > QR180 Immunology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Aug 2017 09:31
Last Modified: 29 Sep 2017 02:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25994

Actions (login required)

View Item
View Item