PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP PADA BILANGAN BULAT

Hia, Yasifati (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP PADA BILANGAN BULAT. In: Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 21 Nov 2015, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Reviewer.pdf]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemecahan masalah setelah model pembelajaran berbasis masalah diterapkan pada pembelajaran matematika materi bilangan bulat di kelas VII SMP. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah 20 orang siswa kelas VII SMP, objek penelitian adalah penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi bilangan bulat. Instrumen yang digunakan adalah observasi dan tes. Setelah dilaksanakan tindakan kelas pada siklus I, diperoleh bahwa kategori proses pembelajaran berbasis masalah pada materi bilangan bulat termasuk baik sedangkan hasil yang diperoleh setelah siklus II dilakukan tindakan berdasarkan perbaikan dari kegiatan pada siklus I terjadi peningkatan, hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil pengamatan pada siklus I sebesar 2,87 dan pada siklus II diperoleh rata-rata hasil pengamatan sebesar 3,07. Hasil pada siklus I melalui pemberian tes kemampuan pemecahan masalah diperoleh 13 siswa (65%) dari 20 siswa telah mencapai ketuntasan belajar sedangkan 7 siswa (40%) belum tuntas. Hasil yang diperoleh pada siklus diperoleh 17 siswa (85%) dari 20 siswa telah mencapai ketuntasan belajar sedangkan 3 siswa (15%) belum tuntas. Dari hasil ini diperoleh peningkatan persentase ketuntasan klasikal sebesar 20%. Penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi bilangan bulat di kelas VII SMP.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Bilangan bulat; Pemecahan masalah; Pembelajaran berbasis masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 24 Aug 2017 09:21
Last Modified: 24 Aug 2017 09:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25903

Actions (login required)

View Item
View Item