Search for collections on unimed repository

HUBUNGAN KETIDAKPUASAN KONSTRUKTIF DAN GAYA KEPEMIMPINAN ADMINISTRATIF DENGAN LOYALITAS INSTITUSIONAL GURU SMP NEGERI DI KABUPATEN DELI SERDANG

Siahaan, Marumbal (2007) HUBUNGAN KETIDAKPUASAN KONSTRUKTIF DAN GAYA KEPEMIMPINAN ADMINISTRATIF DENGAN LOYALITAS INSTITUSIONAL GURU SMP NEGERI DI KABUPATEN DELI SERDANG. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 055030449 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
1. 055030449 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[thumbnail of 2. 055030449 Abstrak.pdf]
Preview
Text
2. 055030449 Abstrak.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of 3. 055030449 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
3. 055030449 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview
[thumbnail of 4. 055030449 Bab I.pdf]
Preview
Text
4. 055030449 Bab I.pdf - Published Version

Download (503kB) | Preview
[thumbnail of 5. 055030449 Bab V.pdf]
Preview
Text
5. 055030449 Bab V.pdf - Published Version

Download (508kB) | Preview
[thumbnail of 6. 055030449 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
6. 055030449 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan ketidakpuasan konstruktif dengan loyalitas institusional guru, hubungan gaya kepemimpinan administratif dengan loyalitas institusional guru, dan hubungan antara ketidakpuasan konstruktif dan gaya kepemimpinan administratif secara bersama-sama dengan loyalitas institusional guru.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional karena melihat hubungan antar variabel penelitian. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru di lima SMP Negeri di Kabupaten Deli Serdang yang berjumlah 307 orang, dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 71 orang atau 23,13 % yang diambil dari populasi dengan menggunakan teknik stratified proportional random sampling. Instrumen pengumpulan data adalah angket untuk variabel ketidakpuasan konstruktif dengan koefisien reliabiltas r11 = 0,851, gaya kepemimpinan administratif dengan koefisien reliabiltas r11 = 0,894, dan loyalitas institusional guru dengan koefisien reliabilitas r11 = 0,875.Hasil pengujian hipotesis menunjukkan: (1). Terdapat hubungan positif yang berarti ketidakpuasan konstruktif dengan loyalitas institusional guru ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar r = 0,7292 atau r2 = 0,5317 dan thitung = 8,85 > ttabel = 1,67 dengan dk = 69 pada taraf signifikansi a = 0,05, (2). Terdapat hubungan positif yang berarti gaya kepemimpinan administrative dengan loyalitas institusional guru ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar r = 0,7979 atau r2 = 0,6366 dan thitung 10,99 > ttabel = 1,67 dengan dk = 69 pada taraf signifikansi a = 0,05, (3). Terdapat hubungan positif yang berarti antara ketidakpuasan konstruktif dan gaya kepemimpinan administrative secara bersama-sama dengan loyalitas institusional guru. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar R = 0,8110, dengan indeks determinasi sebesar R2 = 0,6580 yang berarti bahwa 65,80 % loyalitas institusional guru dapat dijelaskan dengan variabel ketidakpuasan konstruktif dan gaya kepemimpinan administrative secara bersama-sama melalui persamaan garis regresi ganda Y = 27,13 + 0,28X1 + 0,52X2.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.236 Sia h
Uncontrolled Keywords: Loyalitas; Institutional; Ketidakpuasan konstruktif; Administratif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2831 Administrative personnel
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 20 Jun 2016 09:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2589

Actions (login required)

View Item
View Item